Bupati Bekasi, H. Eka Supria Atmaja, tengah menyampaikan kata sambutan dalam acara peresmian aplikasi baru Perpustakaan Digital IBekasikab, di Hotel Holiday Inn Cikarang Selatan, Rabu (9/10/2019). Foto: Humas Pemda Kabupaten Bekasi.

SUARA BEKASI ONLINE, Cikarang Selatan: Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja, didampingi Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah (Disarpus) Kabupaten Bekasi meresmikan sebuah aplikasi baru berupa Perpustakaan Digital IBekasikab, di Hotel Holiday Inn Cikarang Selatan, Rabu (9/10/2019).

Eka mengatakan, aplikasi perpustakaan digital (E-Book) bertujuan untuk memenuhi masyarakat akan literasi di era modern dan serba internet.

“Sebuah aplikasi buku-buku pelajaran dan bacaan untuk konsumsi pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum,” ujar Bupati Eka.

Eka menyambut baik salah satu inovasi yang dilakukan oleh Disarpus. Aplikasi tersebut guna memenuhi dan memudahkan masyarakat untuk membaca buku-buku pilihan yang Best Seller serta buku-buku pelajaran.

“Saya berharap selain menyediakan buku-buku pelajaran dan bacaan, IBekasikab juga bisa sebagai ruang informasi program-program pemerintah dan profil Kabupaten Bekasi,” ungkapnya.

Menurut Eka, nantinya IBekasikab juga terintegrasi dengan program Bebunge (Bekasi Nyambung Bae), juga ada konten Bupati Menyapa.

“Untuk itu saya mengintruksikan kepada seluruh Perangkat Daerah untuk beperan aktif dalam IBekasikab agar pelayanan kepada masyarakat lebih maksimal,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah, Dedy Supriyadi mengungkapkan peluncuran IBekasikab untuk memudahkan pembaca meminjam buku bacaan tanpa harus datang ke perpustakaan konvensional.

“Aplikasi yang bisa diunduh di smartphone berbasis Android dan IOS ini merupakan aplikasi perpustakaan digital milik Kabupaten Bekasi yang bisa diakses oleh siapapun dan kapanpun,” ujarnya

Selain itu, kata Dedy, melalui aplikasi IBekasikab Digital Library, masyarakat juga bisa meminjam buku secara gratis. Baik secara online maupun offline dengan berbagai fitur yang menarik dan bermanfaat.

“Melalui aplikasi itu juga Bupati dan pemustaka bisa berkomunikasi dengan pemustaka lainnya. Bisa juga sharing tentang buku yang tersedia. Selain itu ada fitur E-Pustaka yang bisa mengakomodir Perangkat Daerah, komunitas dan organisasi untuk menampilkan konten lokal berupa hasil karya untuk masyarakat,” ungkapnya.

Aplikasi IBekasikab Digital Library diluncurkan dengan berbagai koleksi bahan pustaka. Mulai dari buku anak, agama, buku motivasi hidup dan buku karya fiksi.

Beberapa koleksi best seller seperti Mimpi Sejuta Dollar karya Merry Riana dan Negeri 5 Menara karya Anwar Fuadi diharapkan bisa menarik kaum muda untuk menggunakan aplikasi IBekasikab.

“Dari peluncuran ini juga diharapkan dapat meningkatkan gemar membaca di Kabupaten Bekasi. Semoga dengan peluncuran ini juga masyarakat Kabupaten Bekasi menjadi masyarakat yang berliterasi. Aplikasi ini juga sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Daerah dalam upaya mencerdaskan bangsa,” tutupnya. [SBO]

BERIKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here