Beranda Berita Utama Kabupaten Bekasi Raih 5 Besar AJEG Jabar 2021

Kabupaten Bekasi Raih 5 Besar AJEG Jabar 2021

0
Penjabat (Pj) Bupati Bekasi, Dani Ramdan, saat menghadiri rapat penyusunan roadmap dan program kerja ETPD di Kantor Bupati Bekasi, Cikarang Pusat, Jumat (20/08/21). Foto: Prokopim.

SUARABEKASI.ID, Cikarang Pusat: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi Jawa Barat (Jabar) meraih peringkat ke-5 kabupaten/kota terbaik dalam pelaksanaan Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) di ajang Apresiasi Jawara Ekonomi Digital Jawa Barat (AJEG JABAR) Tahun 2021.

Piala AJEG JABAR 2021 diterima langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Bekasi, Dani Ramdan, dalam kegiatan rapat penyusunan roadmap dan program kerja ETPD di Kantor Bupati Bekasi, Cikarang Pusat, Jumat (20/08/21).

“Ini berita yang menggembirakan, dan kita optimistis untuk penilaian berikutnya peringkatnya bisa naik lagi,” Dani Ramdan kepada wartawan di Cikarang.

Ia mengatakan, untuk mengoptimalkan program digitalisasi di Kabupaten Bekasi, perlu dilakukan edukasi kepada masyarakat agar terbiasa menggunakan pembayaran secara nontunai.

“Karena jika terkait perangkat, setiap saat bisa dibangun atau dibeli. Tantangannya adalah bagaimana mengubah kebiasaan masyarakat yang biasa bayar tunai menjadi nontunai,” imbuhnya.

Baca juga: Se-Jabar, Pemkab Bekasi Posisi Ke-5 Dalam Penerapan Digitalisasi Transaksi

Pihaknya, kata dia, memiliki target agar pembayaran transaksi pajak atau retribusi di Kabupaten Bekasi dapat dilaksanakan secara nontunai.

“Konsep pembayaran pajak atau retribusi paling tidak dilakukan secara digital. Saya kira bisa karena masyarakat Kabupaten Bekasi ini sudah maju, jadi seharusnya bisa,” ujarnya.

Ia menambahkan, penghargaan AJEG JABAR 2021 merupakan bentuk apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten/Kota di Jawa Barat, yang telah berhasil melakukan inovasi melalui pemanfaatan teknologi digital.

“Penghargaan ini bertujuan untuk mendorong perluasan ekosistem ekonomi digital di masyarakat,” pungkasnya.

Diketahui, selain Kabupaten Bekasi, penghargaan pelaksanaan ETPD juga diberikan kepada Kota Bogor, Kabupaten Bandung, Kabupaten Ciamis, dan Kabupaten Purwakarta.

Dalam kegiatan tersebut, turut hadir Penjabat (Pj) Sekda Kabupaten Bekasi, Herman Hanapi, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Abdur Rofiq, perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat, dan perwakilan Bank BJB Cikarang. [MAN/Prokopim]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini