SUARA BEKASI ONLINE, Cikarang Pusat: Tidak sebandingnya antara jumlah lulusan dengan jumlah sekolah baik SD Negeri maupun SMP Negeri di Kabupaten Bekasi, selalu menjadi persoalan tiap tahunnya, terutama pada saat penerimaan siswa baru yang berbasis online di Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

Kondisi demikian, membuat orangtua murid terpaksa harus bersaing mendaftarkan anaknya untuk berlomba-lomba masuk sekolah negeri karena dinilai pembiayaan di sekolah negeri jauh lebih terjangkau bila dibandingkan sekolah swasta.

Menanggapi persoalan tersebut Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Bekasi, Anden mengungkapkan saat ini komisi IV pernah mencari solusi atas persoalan ini, salah satunya dengan memberikan hibah kepada swasta agar pembiayaan bersekolah di sekolah swasta bisa lebih murah.

Kendati demikian, pihaknya masih menimbang terkait usulan tersebut, terutama dari kemampuan APBD Kabupaten Bekasi, “sekolah swasta selama ini memberikan sumbangsih besar dalam membantu menentaskan pendidikan, kita harapannya bisa mambantu swasta tapi harus dilihat keuangan di kita,” ungkapnya. Senin (08/10/2018).

Namun, pihaknya menilai Pemerintah Kabupaten Bekasi juga harus fokus membenahi sekolah-sekolah di Kabupaten Bekasi, baik itu kualitas pendidikannya maupun perbaikan gedung sekolah.

“Sejauh ini, masih banyak sekolah yang harus direhab juga peningkatan kualitasnya. Rehabilitasi gedung sekolah baik itu perbaikan fisik juga penambahan ruang kelas baru. Dengan demikian setidaknya dapat menampung jumlah murid yang jauh lebih banyak lagi,” bebernya.

Anden menambahkan, jumlah Sekolah Dasar (SD) Negeri di Kabupaten Bekasi berjumlah 706 sekolah, dan jumlah Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri berjumlah 90 sekolah. Dari jumlah tersebut ia menilai angka tersebut jauh dari cukup untuk menampung siswa lulusan di Kabupaten Bekasi.

“Olehkarena itu, saya menghimbau untuk orangtua yang mampu agar mendaftarkan anaknya ke Sekolah Swasta, sembari kita juga sedang mencarikan solusi terbaik atas persoalan ini,” tutupnya. [ADV]

BERIKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here