Warga Kampung Pilar, Desa Cikarang Kota, Kecamatan Cikarang Utara berduyun-duyun membersihkan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) liar yang nyaris menggunung. Foto: Imam.

SUARA BEKASI ONLINE, Cikarang Utara: Kesal dengan tumpukan sampah yang bau busuk dan mengundang lalat, warga Kampung Pilar, Desa Cikarang Kota, Kecamatan Cikarang Utara berduyun-duyun membersihkan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) liar yang nyaris menggunung itu.

Hermansyah, warga setempat mengaku sangat menyesalkan adanya tumpukan sampah liar di lokasi tersebut yang sudah membuat resah warga.

Menurutnya, tumpukan sampah itu bukan hanya mengganggu pemandangan, namun sudah membuat bau yang tidak sedap.

Dirinya berinisiatif untuk mengadakan kerjabakti dengan merapihkan dan membersihkan sampah yang sudah berserakan.

“Mengganggu sekali. Tumpukan sampah itu bau sekali hingga radius puluhan meter, selain bau juga kalau musim panas sampah berterbangan sampai belakang kampung,” kata Herman, Ahad (1/12/2019).

Bahkan, ia tidak hanya melihat tumpukan sampah di tempat-tempat pembuangan sementara, tapi juga di badan jalan.

Sehingga, sampah yang menumpuk akan berpotensi menimbulkan penyakit.

“Saat musim hujan seperti sekarang ini, bau tak sedap dari tumpukan sampah itu terasa kian menyengat karena kondisinya yang basah,” ujarnya.

Dia berharap agar Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bekasi melalui dinas terkiat, tidak menutup mata dalam persoalan TPS liar yang ada di Kabupaten Bekasi, khususnya yang ada di Cikarang Kota.

Untuk itu dia meminta Pemda Kabupaten Bekasi agar segera menangani persoalan sampah tersebut.

“Iya saya sudah geram, terutama warga. padahal di kita ada instansi yang mengurusi ini, tapi mereka seperti tutup mata dan telinga perihal TPS liar, untuk itu saya minta untuk pemerintah dapat menyelesaikan persoalan sampah yang ada di kampung saya,” tegas Hermansyah. [DED]

Tinggalkan Balasan