Presiden Jokowi (Foto: Antara)
Presiden Jokowi (Foto: Antara)

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana akan mendirikan Badan Cyber Nasional, yang berfungsi mengatasi kejahatan-kejahatan dalam dunia maya, terlebih soal penyebarluasan paham-paham radikal.

Hal itu dikatakan oleh, Ketua Bidang Hukum dan Regulasi Desk Cyber Kementerian Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Kemenko Polhukam) Edmon Makarim. Menurutnya pemerintah akan mengupayakan mendirikan badan tersebut.

“Itu sedang diupayakan (didirikan) kita (Kemenko Polhukam) juga lagi menunggu,” ujarnya dalam sebuah diskusi yang bertema “Mengapa Blokir Situs Onlline?”, Jalan Gereja Theresia, Menteng, Jakarta, Sabtu (4/4/2015).

Kemenko Polhukam juga terus mendorong agar mantan Gubernur DKI Jakarta itu membentuk Badan Cyber Nasional dalam waktu dekat ini. Karena melihat urgensi dari penyebaran paham-paham radikal terus semakin meluas.

Selain itu, dia mengatakan Badan Cyber Nasional nantinya akan menjadi badan independen yang kendalinya hanya di bawah Presiden Jokowi, bukan lewat kementerian lain.

“Nanti dia (Badan Cyber Nasioanal) akan jadi badan yang independen. (Didalamnya akan ada) akademisi, pebisnis,” tuntasnya. (oke)

BERIKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here