Penerangan Jalan
Ilustrasi Penerangan Jalan Umum (Foto: AntaraNews)

SUARA BEKASI, Kedungwaringin: Bidang Penerangan Jalan Umum (PJU), pada tahun anggaran 2015 mendatang akan memasang baru lampu PJU mulai dari kantor KPU hingga ke wilayah Kedungwaringin sepanjang 880 Meter. Hal tersebut diungkapkan Kepala Bidang (Kabid) PJU Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi, Mardih Mudrika.

“Pemasangan tiang pancang dimulai dari kantor KPU sampai ke wilayah Kedungwaringin, dengan panjang 880 meter,” ujarnya kepada Suara Bekasi, di ruang kerjanya, Senin (1/12).

Dijelaskan Mudrika, masyarakat Kabupaten Bekasi sangat membutuhkan keberadaan tiang lampu penerangan terutama dibutuhkan pada saat malam hari.

Pihak PJU sendiri, menurutnya, telah memasang pancang-pancang tiang untuk jalan yang masih belum ada penerangan seperti sekarang akan ikut merasakan.

Dikatakannya, kondisi primer merupakan jalan negara, sehingga PJU wajib mendahulukan penerangan yang menjadi kebutuhan utama (primer).

Dalam konteks penerangan primer seperti sebuah pemukiman yang padat hunian, padat kendaraan dan rawan kejahatan.

“Kami akan bagi-bagi penerangan primer, sekunder, tersier, tetapi dalam hal ini tentu semua kami akan memperioritaskan jalan primer,” paparnya.

Masih kata Mudrika, dalam pemasangan tiang pancang kami (PJU, red) memakai dua tipe time swet apabila arus listrik dari PLN padam, maka otomatis akan berubah menyala secara sendiri.

Dalam pemasangan tiang pancang PJU anggaran yang ada dimiliki dinas sangat terbatas, nantinya butuh pertimbangan dari aspirasi.

“Kami terpaku dengan nilai anggaran, kami bukan yang mengeluarkan anggaran,” ucapnya.

Mudrika menambahkan, sebenarnya pihak PJU bisa saja mengakomodir usulan yang masuk ke bidangnya. Namun, semua itu kembali kepada alokasi anggaran yang dialokasikan untuk membuat semua jalan di Kabupaten Bekasi menjadi terang.

“Setidaknya membutuhkan dana yang sangat besar sehingga bidang PJU mencoba memasangnya secara bertahap,” pungkasnya. [DED]

BERIKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here