Banner Idul Fitri 1440H
Plt. Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja, saat membuka Musrenbang tingkat Kecamatan Muaragembong yang bertempat di halaman SDN Pantai Makmur 02 Desa Pantai Makmur, Senin (04/2/2019). Foto: Yusuf-suarabekasi.id

SUARA BEKASI ONLINE, Muaragembong: Sesuai Surat Bupati Bekasi Nomor 050/181/Bappeda Tanggal 15 Januari 2019, Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi menyelenggarakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kacamatan Tahun 2020.

Pada Senin (04/2/2019) Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja memonitoring sekaligus membuka Musrenbang Kecamatan Muaragembong yang bertempat di halaman SDN Pantaimekar 02, Desa Pantaimekar.

Eka mengatakan Musrenbang merupakan salah satu tahapan dalam penyelenggaraan perencanaan pembangunan.

“Musrenbang ini sebagai wadah untuk menyampaikan apa saja rencana-rencana pembangunan baik yang bersifat fisik maupun nonfisik untuk tahun 2020 nanti,” kata Eka kepada sejumlah awak media usai membuka acara, Senin (04/2/2019).

Baca juga: Banyak Usulan Kandas, Musrenbang Kecamatan Terkesan Formalitas

Eka menjelaskan, pada prinsipnya Musrenbang Tingkat Kecamatan itu merupakan tindak lanjut dari Musrenbang Tingkat Desa yang telah dilaksanakan oleh masing-masing desa yang ada di kecamatan.

Menurut dia, usulan yang masuk skala prioritas dari masing-masing desa akan dirangkum di kecamatan, kemudian dipilih salah satu usulan sesuai dengan kesepakatan seluruh desa di kecamatan tersebut.

“Nantinya usulan yang telah disepakati tersebut akan dibawa ke tingkat kabupaten agar menjadi prioritas pembangunan kabupaten,” kata Eka.

Lebih jauh Eka mengatakan, rencana pembangunan tahun 2020 nanti mengusung tema “Pembangunan Infrastruktur yang Terintegrasi untuk Meningkatkan Pelayanan Publik”.

Baca juga: Bupati Bekasi Buka Acara Musrenbang RKPD Tahun 2019

Masih menurut Eka, dalam Musrenbang, kepala desa dan camat diminta mengusulkan rencana pembangunan dengan tepat sasaran. Seperti pembangunan jalan penghubung antar desa.

“Misalnya juga usulan pembangunan sekolah. Karena memang ada sekolah yang mau roboh. Jadi mana yang harus dibangun dulu? Sekolah atau jalan? Nah usulan ini yang harus diperhatikan agar tepat sasaran,” ungkapnya.

“Makanya dalam kesempatan ini saya mengimbau semuanya agar usulan di Musrenbang bisa tepat sasaran,” tambah Eka seraya berharap melalui Musrenbang tahun ini pembangunan di Kabupaten Bekasi pada 2020 nanti akan menjadi lebih baik.

Hadir dalam acara tersebut, Staf Kementerian PUPR, sejumlah pejabat Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi, Unsur Muspika Kecamatan Muaragembong, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, dan sejumlah organisasi masa lainnya. [WIS]

BERIKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here