Beranda Berita Utama Ini Penuturan Para Pemburu Rumah Soal Untung Rugi Beli Rumah di Cikarang

Ini Penuturan Para Pemburu Rumah Soal Untung Rugi Beli Rumah di Cikarang

0
Foto: d’House Hunter Cikarang/Danang Sugianto.

SUARABEKASI.ID, Cikarang Utara: Cikarang kini mulai dilirik para pemburu rumah. Semakin sedikitnya pasokan rumah di wilayah sekitaran Jakarta seperti Bekasi, menjadi alasannya.

Menurut pemantauan tim d’House Hunter dari pusat Cikarang Utara yakni wilayah dekat dengan stasiun hingga Sukatani memang berderet perumahan-perumahan baru. Mereka menjual akses yang mudah menuju stasiun.

Rata-rata dari pengembang perumahan sebenarnya juga menjual rumah subsidi di wilayah perumahannya. Namun kebanyakan untuk stok rumah subsidi dengan dihentikan sementara. Meski begitu masih banyak juga rumah komersil dengan harga di bawah Rp 200.

Cikarang memang jaraknya cukup jauh dari pusat Jakarta. Tapi tenang fasilitas di Cikarang sudah cukup kok.

Abdul yang mengaku sudah tinggal di Cikarang selama 5 tahun menilai, fasilitas di Cikarang sudah cukup baginya. Mulai dari tempat belanja, sekolah hingga rumah sakit sudah tersedia.

“Ya kalau dibilang cukup ya cukup banget lah fasilitasnya bagi saya mah. Mau belanja ada kok, rumah sakit juga ada. Kalau mau mal yang lebih bagus emang harus ke Bekasi kota,” tuturnya saat berbincang dengan detikcom.

Baca juga: Di Kabupaten Bekasi Hanya 35 Perumahan yang Sudah Serahkan Fasosum

Dari segi akses Cikarang Utara memiliki stasiun yang kini dilalui oleh KRL Commuter Line. Saat ini pun sudah ada jadwal KRL langsung dari Manggarai ke Cikarang. Waktu tempuh KRL dari Manggarai ke Cikarang sekitar 1 jam jika perjalanan langsung.

Untuk urusan belanja, Cikarang Utara sudah lama memiliki Sentra Grosir Cikarang (SGC). SGC merupakan pusat perbelanjaan yang paling tenar di wilayah Cikarang. Posisinya juga dekat dengan Stasiun Cikarang dan terminal.

Tidak jauh dari situ juga ada Naga Supermarket. Selain itu ada juga tempat belanja kebutuhan sehari-hari yang baru namanya Lotte Grosir Cikarang.

Jika itu masih belum cukup, bisa ke wilayah Cibarusah yang menjadi kawasan Lippo. Terdapat beberapa mal di sana, seperti Mall Lippo Cikarang dan CityWalk Lippo Cikarang. Tapi untuk menuju kesana cukup jauh, karena lokasinya di Cikarang Selatan, lebih dekat dengan tol Cikampek.

Untuk urusan pendidikan di Cikarang ada kampus yang cukup tenar dan berkualitas yakni Presiden University. Lokasinya hampir menuju kawasan industri Jababeka.

Ternyata kemacetan di Cikarang berkolerasi juga dengan harga tanah di sana. Menurut sepengetahuan Abdul tanah di Cikarang sekitar 10-15 tahun lalu sekitar Rp 100 ribu per meter.

Namun kini jika dilihat dari berbagai situs penjualan rumah, seperti Rumah.com dan Lamudi, tanah di Cikarang Utara sudah berkisar Rp 300 hingga Rp 500 ribu per meter.

Minus
Memang Cikarang kini bisa diakses menggunakan KRL Communter Line. Namun jam perjalanan yang menuju langsung dari Stasiun Manggarai ke Stasiun Cikarang masih terbatas. Sehingga sering kali penumpang yang menuju Stasiun Cikarang harus transit di Stasiun Bekasi yang tentunya menambah waktu perjalanan.

Cikarang Utara juga terbilang jauh dari koridor selatan yang memiliki ases Tol Cikampek. Meski begitu kini penduduk Cikarang Utara bisa mengaksesnya melalui tol Cibitung-Cilincing yang meski belum beroperasi namun akses menuju Tol Cikampek sudah bisa digunakan melalui Cibitung.

Untuk menuju pusat Jakarta jika menggunakan tol membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam hingga 2 jam. Itu pun tergantung kondisi tol Cikampek yang terkadang macet, apalagi ketika libur panjang dan musim mudik. [NET]

 

Resourch: detikfinance

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini