Beranda Berita Utama Ingat! Ini Layanan Aplikasi Bebunge untuk Salat Jumat di Masjid Pemda

Ingat! Ini Layanan Aplikasi Bebunge untuk Salat Jumat di Masjid Pemda

0
Kepala Diskominfosantik Kabupaten Bekasi, H. Jaoharul Alam didampingi Kabid IKP, Iis Wahyudianto saat mengikuti talkshow di Baladeka Radio, Cikarang Utara, Kamis (01/07/21). Foto: Diskominfosantik

SUARABEKASI.ID, Cikarang Pusat: Kepala Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfosantik) Kabupaten Bekasi, Jaoharul Alam mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi kembali meluncurkan aplikasi ‘Bekasi Nyambung Bae (Bebunge)’ dengan fitur layanan yang lebih lengkap.

“Salah satunya adalah fitur layanan publik “Masuk Masjid”, yang bisa digunakan untuk mendapatkan nomor antrian salat Jumat di Masjid Nurul Hikmah Kompleks Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bekasi,” kata Jaoharul Alam kepada wartawan, di kantornya, Kamis (26/08/21).

Ia mengatakan, meski kasus Covid-19 di Kabupaten Bekasi sudah menurun, namun Pemerintah Daerah masih membatasi jumlah jamaah salat Jumat sebanyak 50 persen dari kapasitas Masjid.

Oleh karenanya, kata dia, untuk menjaga agar pelaksanaan salat sesuai dengan protokol kesehatan, masyarakat yang akan menunaikan salat Jumat di Masjid Nurul Hikmah dipersilakan mengambil nomor antrian melalui aplikasi ‘Bebunge’.

“Masyarakat yang akan mengikuti salat Jumat di Masjid Nurul Hikmah Pemda, dipersilakan mendaftar melalui aplikasi Bebunge yang bisa di-download melalui playstore,” katanya.

Setelah men-download aplikasi Bebunge, pilih menu “Layanan Publik”, kemudian klik menu “Masuk Masjid”.

“Selanjutnya kita akan diarahkan ke antrian salat Jumat dengan cara menekan tombol “Ambil Gambar” dan pilih “Kamera” untuk mengambil gambar diri pada saat itu,” terangnya.

Kemudian, izinkan browser untuk mengakses kamera Anda untuk mengambil gambar.

“Setelah mendapat Nomor Antrian, screenshot layar HP sebagai bukti kita sudah datang ke masjid,” kata Jaoharul Alam.

Baca juga: Talkshow di Baladeka Radio, Diskominfosantik Optimalkan Penyebaran Informasi di Masa Pandemi

Lebih jauh ia menjelaskan, selain memuat fitur layanan publik masuk Masjid, aplikasi ‘Bebunge’ juga dilengkapi dengan menu lainnya, seperti pengaduan masyarakat, e-government, profil Bekasi, informasi terkini Pemkab Bekasi dan layanan publik yang memuat banyak informasi.

Sedangkan, menu yang ditampilkan di antaranya Update Covid-19 Kabupaten Bekasi, LPSE, Perpustakaan Digital, info CSR, dan menu lain yang bermanfaat.

“Ke depan, Diskominfosantik akan terus mengembangkan aplikasi Bebunge agar lebih baik dan tentunya dengan fitur yang lebih lengkap, khususnya mengenai pelayanan publik, diseminasi informasi maupun pengaduan masyarakat,” terangnya. [WIS/ADV]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini