Beranda Pendidikan Ijazah Palsu, STIE Adhy Niaga Batal Gelar Wisuda

Ijazah Palsu, STIE Adhy Niaga Batal Gelar Wisuda

0
Sarjana
STIE Adhy Niaga batal menggelar wisuda karena tersandung kasus ijazah palsu. (Ilustrasi: shuttertsock)

JAKARTA — Kasus ijazah palsu dan jual beli ijazah membuat STIE Adhy Niaga dibekukan. Bahkan, kampus ini batal menggelar wisuda pada Mei lalu.

Sekretaris Pelaksana Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) IV Wilayah Jawa Barat, Subahi, mengatakan, pihaknya akan memantau STIE Adhy Niaga yang telah dibekukan sementara oleh Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) M. Nasir mulai 3 Juni.

“Sesuai apa yang dimandatkan oleh Menristek, kami akan melakukan pemantauan aktif terhadap STIE Adhy Niaga dalam kegiatan yang disarankan tidak berlangsung,” ujar Subahi.

Subahi memaparkan, pantauan tersebut akan berhubungan dengan aktivitas akademis yang tidak disarankan oleh Kemenristekdikti. Di antaranya adalah proses belajar mengajar, serta proses wisuda.

“Bulan lalu, Adhy Niaga hendak melakukan wisuda tetapi dibatalkan. Nah, dalam dua pekan sampai satu bulan ke depan kami akan pantau apakah Adhy Niaga akan melakukan wisuda lagi atau tidak,” katanya.

Subahi juga menambahkan, selama satu tahun terakhir Adhy Niaga belum memberikan laporan wisuda 2015. Padahal, seharusnya hal itu sudah dilaporkan 14 hari sebelum pelaksanaan wisuda.

“Adhy Niaga mengatakan melakukan wisuda dua kali selama satu tahun, tapi hingga saat ini belum ada laporan daftar mahasiswa yang akan diwisuda ke Kopertis,” ungkapnya.

Selanjutnya, setelah proses pemantauan terhadap STIE Adhy Niaga, Kopertis akan menyerahkan hasil pemantauan kepada Kemenristekdikti yang selanjutnya akan dilakukan tindakan tegas. “Kita kan juga akan tunggu apakah ada itikad baik dari Adhy Niaga untuk melakukan perbaikan-perbaikan,” tuturnya. (oke/rfa)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini