H. Daris
Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bekasi dari Partai Gerindra, H. DARIS

SUARA BEKASI, Cikarang Pusat: Kurangnya fasilitas Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di Kabupaten Bekasi, membuat DPRD Kabupaten Bekasi berencana ‘menyulap’ Puskesmas yang ada di wilayah bawah menjadi Tipe D pada 2015 mendatang. Beberapa Puskesmas tersebut seperti di wilayah Sukakarya, Pebayuran, Cibarusah dan Tarumajaya.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bekasi, Daris. Menurutnya, ada sembilan Puskesmas nantinya akan disulap menjadi tipe D ditahun 2015. Puskesmas tersebut di wilayah Sukatani yang dianggap bisa naik kelas menjadi tipe D.

“Kabupaten Bekasi masih kurang Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), rencananya Puskesmas yang dianggap sudah layak kami akan dorong menjadi tipe D,” ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (19/11).

Dikatakan Daris, pemerintah jangan hanya memperbanyak kartu sehat saja, namun harus dipikirkan juga bagaimana caranya pasien bisa diterima saat berobat.

Puskesmas yang nantinya dinaikkan statusnya menjadi tipe D, diharapkan bisa membantu pasien yang datang dari wilayah paling jauh.

“Pikirkan rumah sakitnya dulu, jangan hanya membuat kartu sehat saja lalu dibagikan ke rakyat,” ucap politisi Partai Gerindra itu.

Masih kata Daris,? saat ini pelayanan kesehatan masyarakat yang diberikan RSUD Kabupaten Bekasi belum memberikan hasil yang memuaskan, terutama layanan kesehatan bagi masyarakat yang tinggal jauh dari wilayah perkotaaan.

Sehingga ada usulan bagaimana di Kabupaten Bekasi ada rumah sakit yang mudah dijangkau dari wilayah terjauh meski rumah sakitnya berstatus tipe D.

“Ya paling tidak ada pelayanan bagi masyarakat di sana,” tutur politikus Partai Gerindra itu.

Saat ini, Daris menambahkan, keberadaan RSUD Kabupaten Bekasi belum bisa diandalkan karena masih berstatus tipe C. Kendati demikian, pihaknya mencoba untuk terus mendorong agar perubahan status yang saat ini disandang RSUD Kabupaten Bekasi bisa berubah menjadi B.

Sehingga pelayanan kesehatan masyara?kat bisa ditingkatkan kemudian dijadikan sebagai rumah sakit induk untuk rujukan rumah sakit di wilayah yang terjauh.

“Nantinya RSUD? Kabupaten Bekasi menjadi RS induk dari rumah sakit di beberapa wilayah yang ada di kecamatan,” pungkasnya. [DED]

Tinggalkan Balasan