Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bekasi, H. Uju, didampingi para Asisten dan Kepala Dispertan serta unsur Forkopimda saat melakukan pemukulan lesung pertanda dibukanya Hari Krida Pertanian (HKP) ke-47 Tingkat Kabupaten Bekasi Tahun 2019, di Lapangan Sepak Bola Perum Grand Cikarang City (GCC), Cikarang Utara, Kamis (28/11/2019). Foto: Istimewa.

SUARA BEKASI ONLINE, Cikarang Utara: Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bekasi, Uju, secara resmi membuka gelaran Hari Krida Pertanian (HKP) ke-47 Tingkat Kabupaten Bekasi Tahun 2019 yang berlangsung di Lapangan Sepak Bola Perum Grand Cikarang City (GCC), Cikarang Utara, Kamis (28/11/2019).

Pemukulan lesung yang dilakukan secara serempak oleh Sekretaris Daerah diikuti unsur Muspida Kabupaten Bekasi dan tamu undangan lainnya menjadi pertanda dibukanya helaran Hari Krida Pertanian (HKP) ke-47.

Dalam kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah yang mewakili Bupati Bekasi mengatakan, pada peringatan Hari Krida kali ini diharapkan masyarakat pertanian dapat lebih termotivasi untuk selalu dapat menelaah, upaya apa yang telah dilakukan dan bagaimana pencapaiannya dalam melaksanakan Dharma Bhaktinya.

“Kita harus melihat apa yang menjadi kelemahan dan kekurangannya supaya ke depannya kita bisa merumuskan langkah strategis untuk mengatasi itu. Sehingga, nantinya sektor pertanian semakin tangguh dan maju sebagai penggerak perekonomian rakyat,” kata Uju kepada awak media.

Lanjutnya, dengan mengusung tema “Dengan Semangat Hari Krida Pertanian ke-47, Kita Sejahterakan Petani Menuju Bekasi Baru Bekasi Bersih”, Pemerintah Kabupaten Bekasi mengucapkan rasa terima kasihnya kepada para Petani, Pekebun, Peternak, dan Nelayan.

“Saya secara pribadi dan atas nama Pemerintah Daerah mengucapkan terima kasih serta penghargaan yang setinggi-tingginya atas kerja kerasnya selama ini dalam upaya mewujudkan Bekasi Bersinar,” jelas Uju.

Uju mengimbau melalui Hari Krida Pertanian ke-47 ini hendaknya dapat dijadikan semangat dan motivasi untuk mengembangkan pertanian yang lebih maju menuju kesejahteraan petani dan kesejahteraan rakyat.

“Kita sebagai pelaku di sektor pertanian, tidak boleh cepat berpuas diri. Banyak tantangan ke depan yang harus disikapi untuk ketahanan pangan. Salah satunya ya ini, musim yang tidak menentu saat ini,” kata Uju.

“Namun, dengan kondisi seperti ini, saya atas nama pemerintah tentunya akan selalu memperhatikan dan mendukung kebutuhan petani dan nelayan di Kabupaten Bekasi,” tambah Uju.

Pantauan di lapangan, sebanyak 90 orang Kelompok KTNA Kabupaten Bekasi periode 2019-2024 dilantik secara langsung oleh Ketua KTNA Jawa Barat, H. Otong Wiranta.

Tak hanya itu, sebanyak 30 stand yang berasal dari 23 kecamatan dan Dinas Pertanian ikut memeriahkan kegiatan tersebut.

Stand-stand tersebut menampilkan produk-produk unggulan berupa hasil pertanian, seperti sayur-mayur hingga umbi-umbian. Ada pula tanaman hias dan ikan hias.

Kegiatan Hari Krida Pertanian ke-74 akan berlangsung hingga Sabtu, 30 November 2019.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Asisten Pemerintahan dan Kesra (Asda I), Asisten Administrasi Umum (Asda III), unsur Muspida dan Forkopimda Kabupaten Bekasi, serta Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Jawa Barat. [MAN]

Tinggalkan Balasan