Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Pemprov Jawa Barat, Dewi Sartika. Foto: Fauzan Kesuma/Disdik Jabar

SUARA BEKASI ONLINE, Bandung: Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) melalui Dinas Pendidikan setempat memastikan program pembebasan iuran bulanan atau penggratisan SPP untuk SMA dan SMK di Jawa Barat jadi dilaksanakan.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Jabar, Dewi Sartika menegaskan Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jabar sudah mengalokasikan anggaran sebsar Rp. 817 Miliar dalam APBD Jabar 2020 untuk program tersebut.

“Persiapannya terus berjalan, selain Pergub-nya sudah ada, sekarang kita masih terus mengkalkulasi kebutuhan real di lapangan. Tetapi kita sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp. 817 Miliar, dan itu sudah masuk di pos anggaran pendidikan,” ujar Dewi kepada wartawan, di Gedung Sate, Selasa (11/02/2020) sore.

Menurut Dewi, program bebas iuran bulanan peserta didik SMA dan SMK Negeri itu dimulai pada saat tahun ajaran baru atau bulan Juli 2020.

“Kita mulai bulan Juli 2020, pas tahun ajaran baru dalam kalender pendidikan kita. Mulai bulan Juli, siswa tidak lagi membayar iuran bulanan,” terang Dewi.

Dewi menjelaskan, anggaran Rp. 817 Miliar itu untuk kebutuhan selama 6 bulan dari bulan Juli hingga Desember 2020.

“Sementara untuk tahun 2021 akan lebih besar lagi karena berjalan penuh satu tahun, mulai Januari hingga Desember 2021,” pungkasnya. [RED/Humas Jabar]

Tinggalkan Balasan