Beranda Teknologi Gerhana Bulan Total Dapat Dinikmati di Seluruh Indonesia

Gerhana Bulan Total Dapat Dinikmati di Seluruh Indonesia

0
Gerhana Bulan Total
Gerhana Bulan Total dapat Dinikmati di Seluruh Indonesi (Foto: Capitalotc)

JAKARTA – Fenomena astronomi langka yakni Gerhana Bulan total akan terjadi pada hari ini, 4 April 2015. Salah satu negara yang dapat menyaksikan fenomena langka tersebut adalah Indonesia.

Dikutip dari data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Sabtu (4/4/2015), Gerhana Bulan total terbagi menjadi beberapa Fase disebut ‘Gerhana mulai, Gerhana Sebagian mulai, Gerhana Total mulai, Puncak Gerhana, Gerhana Total Berakhir, Gerhana Sebagian Berakhir, Gerhana Berakhir’.

Gerhana Bulan total akan dimulai pada pukul 18.54 WIB hingga puncak Gerhana tersebut akan terjadi pada pukul 19.00 WIB.

Fase dari Gerhana Bulan total hingga Gerhana total tersebut berakhir akan berlangsung selama 12,2 menit. Sementara itu, laporan BMKG juga menyebutkan bahwa seluruh proses Gerhana Bulan total dapat diamati dari Wilayah Papua bagian Timur.

Hal ini mengingat Bulan sudah terbit sebelum fase Gerhana mulai terjadi. Adapun wilayah Papua bagian Barat, Maluku, Sulawesi, Nusa Tenggara dan sebagian Kalimantan bagian Timur akan mendapati Bulan dalam fase Gerhana Penumbra saat Bulan terbit.

Sedangkan Kalimantan Timur bagian Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Bali, Jawa, dan Sumatera akan mengamati Bulan dalam fase Gerhana sebagian saat Bulan terbit.

Sebagai tambahan Informasi, Gerhana Bulan merupakan peristiwa cahaya Matahari terhalang oleh Bumi sehingga tidak semua cahaya sampai ke Bulan. Peristiwa tersebut diakibatkan dinamisnya pergerakan posisi Matahari, Bumi, dan Bulan. (oke)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini