Fose bersama di sela-sela kegiatan pelatihan pembinaan kader PKK tingkat kelurahan dan desa di Aula Desa Telaga Murni, Cikarang Barat, Kamis (26/9). Foto: Humas Pemda Kabupaten Bekasi.

SUARA BEKASI ONLINE, Cikarang Barat: Guna mencapai Program Keluarga Sejahtera, Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Bekasi prioritaskan pelatihan pembinaan kader di tingkat Kelurahan dan Desa yang bertempat di Aula Desa Telaga Murni, Cikarang Barat, Kamis (26/9).

Ketua Tim Penggerak PKK Cikarang Barat, Betty Kusuma Wardani, mengatakan program pembinaan sangat penting sebagai salah satu upaya meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di Kabupaten Bekasi yang selaras dengan program pemerintah.

“Pembinaan ini sangat penting ya, apalagi untuk meningkatkan SDM di Kabupaten Bekasi khususnya juga para kader-kader PKK se- Kecamatan Cikarang Barat ini,” ucapnya.

Selain itu, Desa Telaga Murni yang dijuluki sebagai “Kampung Berseri” ini mempunyai empat pilar dalam menjalankan program-programnya, yaitu pilar kesehatan,¬†¬†pilar pendidikan, pilar lingkungan dan pilar Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

“Saya bangga ya terhadap warga RW 05 yang memiliki Kampung Berseri dan Tematik. Ini cukup menarik yang di mana masing-masing Pokja memiliki anggota dan melakukan kegiatan penanaman bunga, warung kesehatan, Tanaman Obat Keluarga (TOGA),” katany.

“Di sini juga banyak kreasi yang menarik juga ya contohnya seperti pemanfaatan limbah rumah tangga yang dijadikan kreasi yang bernilai jual, hal ini sangat bagus ya bisa di kemas menjadi satu sebagai kampung tematik,” tambahnya.

Bukan hanya itu, Betty juga mengatakan bahwa kedepannya akan mengadakan program lainnya seperti tanaman obat keluarga yang akan di tanam pada masing-masing rumah yang dapat di jadikan sebagai apotek hidup.

“Kedepannya kita akan membuat program tanaman obat keluarga, yang sekarang ini masih di jadikan satu sektor, tapi kita akan mencoba di masing-masing rumah jadi nanti ada apotek hidup yang gunanya untuk kesehatan tapi juga bisa dijadikan nilai jual,” tutur Betty.

Betty juga mengharapkan kepada masyarakat khususnya di Cikarang Barat ini dapat menjadi lebih kreatif lagi dan bisa menjadikan contoh bagi daerah lainnya.

“Saya harap untuk kedepannya masyarakat bisa lebih kereatif, inovatif, lebih bisa meningkatkan perekonomian, dan terus bisa kembangan bank sampah yang lebih menarik dan tentunya bisa jadi contoh daerah yang lain juga,” tutupnya. [SBO]

BERIKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here