F-BPD Kecamatan Bojongmangu saat menggelar kegiatan pembinaan dan peningkatan kapasitas anggota BPD tahun anggaran 2022, di The Green Peak Hotel dan Convention Cisarua Bogor. Foto: Newsroom.

SUARABEKASI.ID, Bogor: Forum Badan Permusyawaratan Desa (F-BPD) Kecamatan Bojongmangu menggelar kegiatan pembinaan dan peningkatan kapasitas anggota BPD tahun anggaran 2022, di The Green Peak Hotel dan Convention Cisarua Bogor yang digelar selama dua hari pada 26-27 Juni 2022.

Kegiatan tersebut menghadirkan narasumber Kabid Bina Pemerintahan Desa DPMD Kabupaten Bekasi, Maman Firmansyah, Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat (TAPM) Kabupaten Bekasi R. Asep Saepudin, Ketua Forum Siskeudes Kabupaten Bekasi H. Aris Budiono dan perwakilan dari F-BPD Kabupaten Bekasi

Ketua F-BPD Kecamatan Bojongmangu Ondang Donal mengatakan, kegiatan tersebut untuk menjalin kemitraan dan membangun komunikasi dengan pemerintah desa (pemdes) dan lembaga lainnya.

“Saya berharap kepada 48 anggota BPD se-Kecamatan Bojongmangu agar terus bersinergi menjaga kemitraan dengan baik, tanpa keluar dari regulasi dan peraturan yang berlaku, agar pembangunan di desa menjadi lebih baik dan merata,” ujarnya.

Dirinya berharap, semua anggota BPD semakin optimal dalam menjalankan tugas dan fungsinya untuk mendukung penyelenggaraan pemerintahan desa.

“Anggota BPD diharapkan lebih memahami setiap ada perubahan regulasi, khususnya mengenai desa,” kata Ondang Donal.

Baca juga: BPD Karang Asih Bimtek di Purwakarta, Bupati Bekasi Bilang Begini

Sementara itu, Camat Bojongmangu Agung Suganda mengatakan, acara pembinaan dan peningkatan kapasitas anggota BPD sangat baik untuk meningkatkan pemahaman tugas dan fungsi BPD terkait penyelenggaraan pemerintahan di tingkat desa.

“Melalui kegiatan itu, anggota BPD diingatkan kembali akan tugas-tugasnya, bagaimana bersama dengan kepala desa misalnya terkait penyerapan aspirasi masyarakat dan pengesahan RAPBDes,” tandasnya.

Agung berharap kegiatan ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh semua anggota BPD di Kecamatan Bojongmangu sehingga terjalin sinergitas yang baik antara BPD dan pemerintah desa. [SAM/KAB]

BERIKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here