Everton
Everton “tampar” United tanpa ampun. (Foto: Reuters/Andrew Yates)

LIVERPOOL – Manchester United menjalani partai ke-34 Premier League 2014-2015 dengan berkunjung ke kandang Everton, stadion Goodison Park. Pasukan Old Trafford yang sebelum bertanding memiliki 65 poin dan berada di posisi empat klasemen sementara harus menang. Alasannya karena Arsenal yang ada di peringkat tiga dan hanya berbeda satu angka akan menghadapi Chelsea yang ada di puncak klasemen sementara, Minggu (26/4/2015) malam WIB.

Maka peluang United terbuka lebar untuk menyalip The Gunners dan mengintai Manchester City yang ada di peringkat dua klasemen sementara dengan 67 poin.

Sayangnya, peluang Setan Merah menyalip Arsenal kandas setelah “ditampar” tanpa ampun oleh Everton. The Toffees membungkam anak buah Van Gaal dengan skor 3-0.

Jalannya babak pertama

Pertandingan belum genap berjalan empat menit, gawang Setan Merah yang dikawal David de Gea sudah dibobol The Toffees – julukan Everton. Gelandang James McCarthy yang menerima umpan terobosan sukses melewati barisan pertahanan Setan Merah yang terlihat kalah cepat. McCarthy lalu dengan mudah menceploskan bola ke gawang.

Goodison Park pun bergemuruh dan United tertinggal 0-1.

Everton masih bermain ngotot sampai di menit 28. Beberapa usaha United untuk menyamai kedudukan pun kandas. Kerjasama dan lemahnya lini tengah Setan Merah dalam menguasai bola membuat permainan anak buah Van Gaal terkesan tidak solid.

Gol! Everton dua kali membobol gawang United. Kali ini lewat sundulan John Stones memanfaatkan sepak pojok Baines di menit 34.

Setelah dikagetkan dua gol, United pun bereaksi. Sayangnya, usaha mereka masih membentur permainan ngotot dan bersemangat yang diperagakan Everton

Louis van Gaal (LvG) pun gerah melihat United ketinggalan 0-2 hanya dalam tempo 34 menit. Pelatih Belanda itu kemudian menyuruh Falcao melakukan pemanasan. Van Gaal sepertinya ingin menambah daya dobrak lini depan Setan Merah yang hanya diisi Rooney.

Hingga babak pertama usai, skor sementara masih 2-0 untuk Everton.

Jalannya babak kedua

Van Gaal melakukan perubahan taktik di awal babak kedua dengan memasukkan Falcao menggantikan Fellaini untuk membantu Rooney di lini depan. Harapannya, Falcao bisa menambah daya hantam Setan Merah.

Satu jam berjalan, United terus menekan dari sisi kanan dan kiri lapangan untuk membongkar pertahanan solid Everton. Tapi, gol belum juga datang untuk Th Red Devils.

Peluang untuk Setan Merah diperoleh Falcao di menit 70, tapi sundulannya masih lemah dan mudah dijinakkan Tim Howard.

Pertandingan tinggal 15 menit, United kemasukkan lagi. Kali ini pemain pengganti Everton, Kevin Mirallas, yang jadi aktor antagonis bagi Setan Merah. Mirallas yang masuk di menit 69 menggantikan Leon Osman bisa memanfaatkan perangkap offside yang gagal diterapkan pertahanan United.

Skor sementara 3-0 untuk Everton di menit 75.

Setan Merah belum mengubah permainannya yang cenderung monoton. Beragam variasi serangan mudah dipatahkan pasukan Martinez yang masih tampil solid dan bersemangat.

Cobaan untuk anak buah Van Gaal saat Rooney terlihat pincang yang kemudian digantikan oleh Van Persie di menit 87.

Hingga wasit meniup peluit panjang, kedudukan 3-0 untuk Everton tidak berubah.

Susunan pemain:

Everton: Howard; Jagielka, Baines, Coleman, Stones; Lennon, Barry, Osman (Mirallas ’69), McCarthy; Barkley, Lukaku.

Manajer: Roberto Martínez.

Manchester United: De Gea; Smalling, Shaw, McNair, Valencia; Young, Fellaini (Falcao ’46), Mata (Di Maria ’61), D. Blind, Ander Herrera; Rooney (Van Persie ’87).

Manajer: Louis van Gaal.

(fap)

BERIKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here