Interview
Ajukan pertanyaan paling tepat untuk memuluskan suksesnya wawancara kerja. (Foto: shutterstock)

JAKARTA – Sesi wawancara hampir berakhir. Manajer HRD sangat terkesan dengan skill dan pengalaman kita. Saatnya memuluskan suksesnya interview kerja yang dijalani dengan empat pertanyaan paling tepat.

Perlu diingat, ketika diberi kesempatan bertanya oleh pewawancara, siapkan pertanyaan cerdas yang menunjukkan pengetahuanmu tentang perusahaan dan potensi apa saja yang dapat kamu berikan untuk perkembangan organisasi. Berikut daftarnya, seperti dinukil dari College USA Today, Jumat (8/5/2015).

1. Apa pencapaian yang ingin diraih perusahaan di tahun berikutnya?

Pertanyaan tentang prioritas perusahaan akan memberi gambaran spesifik kondisi perusahaan serta bagaimana kemampuan dan peranmu sebagai karyawan menjadi kontribusi bagi perusahaan.

2. Apa masalah yang saat ini sedang dihadapi perusahaan?

Jangan ragu untuk menanyakan kepada HRD mengenai tantangan yang dihadapi oleh perusahaan saat ini. Ini akan mencerminkan bahwa kamu juga memiliki kesempatan untuk bisa membantu menghadapi masalah tersebut.

3. Bagaimana jenjang karier profesional yang ditawarkan perusahaan?

Cobalah temukan apakah perusahaan memberi kesempatan luas bagi karyawan untuk mengembangkan karier mereka. Selain itu, pastikan bahwa kamu akan mendapatkan berbagai pelatihan yang dibutuhkan.

4. Ajukan pertanyaan spesifik mengenai latar belakang pewawancara

Mengajukan pertanyaan yang spesifik akan mencerminkan bahwa kamu tertarik untuk mengenal rekan kerja. Misalnya, apa yang membuat si pewawancara kerasan bekerja di perusahaan tersebut? Jawabannya bisa memberi petunjuk bagaimana lingkungan dan budaya kerja di perusahaan.

(rfa)

BERIKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here