Beranda Berita Utama Dukung Sektor Pertanian, Pemkab Bekasi Serahkan 16 Unit Traktor

Dukung Sektor Pertanian, Pemkab Bekasi Serahkan 16 Unit Traktor

0
Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan saat menyerahkan langsung hibah alat pertanian berupa traktor roda dua sebanyak 16 buah untuk para Gapoktan, di Balai Benih, Desa Jati Baru, Cikarang Timur, Senin (20/11/2023). Foto: Diskominfosantik.

SUARABEKASI.ID, CIKARANG TIMUR: Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan menyerahkan hibah alat pertanian berupa traktor roda dua sebanyak 16 unit di Balai Benih Jati Baru, Kecamatan Cikarang Timur pada Senin (20/11/2023).

16 unit traktor tersebut diberikan kepada Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) yang ada di seluruh wilayah Kabupaten Bekasi.

Penyerahan hibah alat pertanian itu di hadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Bekasi BN Holik Qodratulloh, Kepala Dinas Pertanian Abdillah Majid, dan Camat Cikarang Timur Ropi.

Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan, mengatakan, pemberian hibah  traktor ini menjadi komitmen Pemkab Bekasi dalam meningkatkan produktivitas hasil pertanian.

“Ya, ini adalah  wujud kepedulian dan keberpihakan pemerintah, serta political will dari dewan menjaga pembangunan sektor pertanian,” katanya.

Baca juga: Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi Imbau Percepatan Tanam Serempak

Menurut Dani, pertanian juga harus menjadi sektor penting dalam menjaga ketahanan pangan. Apalagi, pertanian menjadi bagian sejarah Kabupaten Bekasi menjadi lumbung pangan nasional.

“Jadi sudah sepatutnya pemerintah Kabupaten Bekasi tetap mempertahankan sektor pertanian,” tambahnya.

Dani juga menyampaikan akan terus memperbaiki sarana dan prasarana pertanian di Kabupaten Bekasi. Di antaranya, memperkuat para Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) agar para petani bisa terarahkan dan bisa berproduksi secara maksimal.

“Ya sekarang kita bisa merasakan, ternyata kalau kita terlalu bergantung pada perekonomian global barang impor, walaupun kita punya uang, itu artinya kita tidak berdaulat,” jelasnya.

“Ketika importir menutup karena kepentingan nasionalnya, kita bisa dalam kondisi bahaya, kita harus lebih tangguh, ketahanan pangannya, ke kedaulatan pangannya, sehingga harus meningkatkan produktivitas pertanian,” tambahnya.

Dengan pemberian hibah alat pertanian itu, Dani berharap dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk mengatasi kendala pengolahan tanah.

“Ini untuk aset Gapoktan sehingga ada  multi player effect  terhadap produktifitas pertanian dan bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya,” katanya.

Baca juga: Tingkatkan Hasil Produksi Pertanian, Dinas Pertanian Galakkan Tanam Serempak

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi, Abdillah Majid menjelaskan jika pemberian hibah mesin traktor sebanyak 16 unit merupakan hasil dari Musrembang tahun 2022.

“Kedepannya nanti akan kami perjuangkan bantuan ini, mungkin ada beberapa Gapoktan di Kecamatan lain yang belum mendapatkan bantuan ini,” tandasnya. [ADV]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini