Banner Idul Fitri 1440H
Masjid Jamie Baiturrahmah, Sukawangi, Foto: Jantuk/Suara Bekasi Online
Masjid Jamie Baiturrahmah, Sukawangi, Foto: Jantuk/Suara Bekasi Online

SUARA BEKASI ONLINE, Sukawangi: Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) untuk desa yang turun 20% di awal tahun lalu untuk desa Sukawangi, Kecamatan Sukawangi, patut diawasi realisasi penggunaannya.

Menurut sumber yang enggan disebutkan namanya mengatakan, kegiatan rabat beton untuk halaman Masjid Jamie Baiturrahmah, Kampung Kaleng Keramat Rt 02 RW 01, Desa Sukawangi, Kecamatan Sukawangi hanya realisasi dengan panjang 4 Meter dan lebar 11 Meter.

“Kami menduga pembangunan tersebut tidak sesuai dengan Rencana Anggaran Biaya (RAB) dan transparansi publik terkait penggunaan anggaran dana desa tersebut,” terangnya Selasa (9/7/2019).

Karena menurut sumber, hal yang tidak wajar jika anggaran APBN 20%, dikucurkan hanya untuk pembangunan halaman Masjid dengan volume yang sangat minim.

“Kami warga masyarakat meminta kepada pemerintah daerah serta pusat agar mengontrol pembangunan diwilayah kami dan memberikan sanksi kepada pemerintah desa kalau terbukti memakai dana desa untuk kepentingan pribadi,” terangnya.

Pasalnya selama ini fungsi LPM Desa Sukawangi, hanya sekedar nama, seharusnya LPM sebagai mitra Pemerintah Desa dalam menampung dan mewujudkan aspirasi serta kebutuhan masyarakat di bidang pembangunan.

Sesuai pasal 150 PP Nomor 43 Tahun 2014 tentang lembaga kemasyarakatan desa, tetapi terkadang kerap dalam pembangunannya memakai jasa pihak ketiga sebagai subkon.

Adapun rencana pemerintah dalam pembangunan desa di tahun 2019 ini, merujuk kepada nawacita Presiden yakni membangun desa dari pinggiran dan peningkatan sarana infrastruktur desa, pasar desa dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Sementara itu Kepala Desa Sukawangi, Sekam, yang ditemui mengatakan kalau anggaran dana desa yang turun 20% tersebut sudah direalisasikan, dan ia mengakui untuk pembangunan sarana ibadah (masjid) dan rabat beton halaman Masjid Baiturrohmah.

“Dana tersebut kami gunakan untuk pembangunan Masjid Baiturrohman serta rabat beton, itupun diselesaikan dan sebelum nya pake dana talang sebelum anggaran dana desa turun,” Katanya. [TUK]

BERIKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here