Beranda Berita Utama Dua Kandidat Rebutan Ketua Pokja Wartawan Kabupaten Bekasi

Dua Kandidat Rebutan Ketua Pokja Wartawan Kabupaten Bekasi

0
Tes Tematik
TES TEMATIK: Kandidat calon Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Wartawan Kabupaten Bekasi saat mengikuti tes tulis tematik di ruang Media Center Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi, Rabu (20/5/2015). FOTO: DIKA/SUARA BEKASI

SUARA BEKASI, Cikarang Pusat: Tahapan pelaksanaan Pemilihan Ketua Kelompok Kerja (Pilkapokja) Wartawan Kabupaten Bekasi berjalan lancar tanpa ada kendala. Hal itu diutarakan Ketua Panitia Pilkapokja, Risansyah.

Ia mengatakan, persyaratan dan pendaftaran calon Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Wartawan Kabupaten Bekasi berlangsung hikmat.

Awalnya calon Ketua Pokja yang mendaftar 9 orang, namun pada hari tes tematik pertama hanya delapan orang yang hadir.

“Yang lolos pendaftaran dan memenuhi syarat dan kriteria ada 9 calon ketua. Kemudian hari ini dilakukan tes tematik dan yang mengikuti hanya 8 calon,” ujar Risansyah saat ditemui di ruang Media Center Pemerintah Kabupaten Bekasi, Cikarang Pusat, Rabu (20/5/2015).

Ia menuturkan, dari hasil tes pertama sampai terakhir nantinya akan terpilih Ketua Pokja Wartawan Kabupaten Bekasi.

Hal itu menurutnya sebagai suatu bukti bahwa Ketua Pokja terpilih memiliki wawasan serta kemampuan menulis dan menganalisis tulisan.

“Hasil tes itu untuk membuktikan bahwa calon Ketua Pokja Kabupaten Bekasi memiliki wawasan, serta memiliki kemampuan menganalisa dan menulis sebuah pokok persoalan,” ucapnya.

Menurutnya, hasil tes tematik yang dilakukan pada Pukul 09:00 WIB, Panitia Pilkapokja telah menimbang dan memilih menjadi dua kandidat kuat untuk maju sebagai Ketua Pokja.

Calon ketua nantinya dipilih oleh wartawan Kabupaten Bekasi dengan hak suara siapa yang akan menjadi Ketua Pokja.

“Dari hasil tes itu, ada dua calon Ketua Pokja yang lolos dan akan dipilih oleh wartawan Kabupaten Bekasi. Kandidat yang lolos yaitu Amri Siregar dari Harian Sentana dan Karman Supardi dari Suara Bekasi Online,” ungkap pria asal Cibitung itu.

Salah seorang calon Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Karman Supardi, mengatakan bahwa pada prinsipnya dirinya mengapresiasi kepada Panitia 13 sebagai penilai yang bekerja sama dengan Bagian Humas Pemda Kabupaten Bekasi.

“Kami sangat apresiasi pencalonan Ketua Pokja Wartawan Kabupaten Bekasi yang dilakukan oleh Panitia 13 dan Humas Pemkab Bekasi,” ucapnya.

Menurutnya, dari hasil seleksi tersebut setidaknya ada parameter siapa yang layak untuk menjadi Ketua Pokja Wartawan Kabupaten Bekasi.

Meski demikian, kata dia, masih banyak plus minusnya terutama dalam penyajian tema dan nara sumber mestinya sudah disiapkan oleh panitia.

“Tema dan nara sumber harusnya panitia yang menyiapkan, tinggal peserta yang berkomunikasi untuk wawancara langsung. Kendalanya banyak nara sumber yang sulit dikontak kalau dadakan,” tuturnya.

Masih menurutnya, pemilihan calon ketua dengan suasana baru ini panitia dapat menilai bagaimana kualitas dari calon Ketua Pokja Kabupaten Bekasi.

Karman Supardi berharap, calon Ketua Pokja Wartawan Kabupaten Bekasi dapat menjalin komunikasi dan bekerja sama dengan seluruh instansi pemerintahan, Polri, TNI dan juga swasta. Namun, tanpa menghilangkan jati dirinya sebagai kontrol sosial dengan tetap menjunjung tinggi Undang-Undang Pers Nomor 40 Tahun 1999.

“Saya berharap Ketua Pokja Wartawan Kabupaten Bekasi bisa membawa aspirasi dan  menjembatani insan pers dengan pemerintah, TNI/Polri dan swasta. Namun, tetap tidak melepaskan unsur kritisnya sebagai bagian sosial kontrol dengan menjunjung tinggi UU Pers dan Kode Etik Jurnalistik,” pungkasnya. [DIK]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini