Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Kabupaten Bekasi, Rahmat Atong membuka apel kick off Lomba ‘Bersih Makin Berani’ di Kelurahan Wanasari, Kecamatan Cibitung, Ahad (03/07/22). Foto: Newsroom.

SUARABEKASI.ID, Cibitung: DPRD Kabupaten Bekasi mendukung penuh upaya Pemerintah Daerah (Pemda) dalam menanggulangi permasalahan sampah yang ada di lingkungan masyarakat dengan mengadakan ‘Lomba Kampung Bersih Makin Berani’. Hal itu dikatakan Sekretaris Dewan (Sekwan) Rahmat Atong.

Menurutnya, lomba ‘Kampung Bersih Makin Berani’ yang digagas langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Bekasi digelar di seluruh wilayah Kabupaten Bekasi guna menyambut Hari Jadi Kabupaten Bekasi Ke-72, Hari Pramuka Ke-61 dan HUT RI Ke-77 Tahun 2022.

Ia mengatakan, lomba ‘Kampung Bersih Makin Berani’ ini dapat menjadi momentum untuk mengajak masyarakat meningkatkan kembali rasa kebersamaan dan gotong royong dalam menjaga dan menciptakan lingkungan yang bersih, indah dan sehat.

“Ya, ini menjadi momentum yang sangat penting yang berhasil dimanfaatkan oleh pemerintah daerah, setelah melandainya pandemi, Pj Bupati Bekasi langsung mengambil langkah penting dalam upaya menanggulangi permasalahan sampah yang ada di Kabupaten Bekasi,” tutur Rahmat Atong usai melaksanakan kick off Lomba Kampung Bersih di Kelurahan Wanasari sebagai Liaison Officer (LO) di Kecamatan Cibitung, Ahad (03/07/22).

Baca juga: Kawal Tertib Administrasi, DPRD Dukung Program IPPAT

Ia menjelaskan, langkah ini sangat penting untuk menekan banyaknya sampah rumah tangga dan lingkungan masyarakat yang di buang ke TPA Burangkeng.

Maka seiring dengan terus meningkatnya volume timbunan sampah memerlukan pengelolaan dan solusi melalui pemberdayaan masyarakat.

“Ternyata di Kecamatan Cibitung juga sudah memiliki bank sampah yang sangat berperan penting dalam menurunkan volume sampah yang dibuang ke TPA. Sampah-sampah disini diolah masyarakat menjadi sesuatu yang bernilai ekonomis, saya rasa hal seperti ini yang mampu menjadi solusi dalam permasalahan sampah ini,” katanya.

Masih menurutnya, melihat progres yang sangat baik dalam pengelolaan sampah di Kecamatan Cibitung, dirinya yakin bahwa desa atau kelurahan di Kecamatan Cibitung mampu mendapatkan nilai terbaik dalam Lomba Kampung Bersih Makin Berani ini.

“Selain bank sampah, ternyata masih banyak lagi inovasi yang dimunculkan misalnya, Waktu Kunjung Cari Informasi Terbaik kampung Bersih (Wakuncar Terkasih) yang sudah dua tahun hingga saat ini masih berjalan,” tambahnya.

Pihaknya berharap agar kegiatan ini dapat terus berjalan secara berkesinambungan di setiap ruang lingkup masyarakat sehingga upaya pemerintah dalam menanggulangi permasalahan sampah di Kabupaten Bekasi dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

“Tentu saya berharap agar kegiatan bersih-bersih lingkungan ini mampu membawa hasil yang baik bagi masyarakat Kabupaten Bekasi umumnya karena lingkungannya menjadi sehat dan khususnya bagi Kabupaten Bekasi sendiri karena permasalahan sampahnya teratasi,” ujarnya. [SAM/KAB]

BERIKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here