Paripurna DPRD Kabupaten Bekasi. Ist/Suara Bekasi Online

SUARA BEKASI ONLINE, Cikarang Pusat: DPRD Kabupaten Bekasi diminta tetap menjalankan tugas dan kewenangannnya meskipun hak keuangannya telah dihentikan sejak Senin (5/8) kemarin.

Sekretaris DPRD Kabupaten Bekasi, Ahmad Kosasih menuturkan hingga saat ini, pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Bekasi periode 2014-2019 masih memiliki kewenangan yang sah, sebelum anggota DPRD periode mendatang mengucapkan sumpah janjinya.

Kebijakan tersebut, kata dia, merujuk pada Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, Kabupaten, dan Kota. Kemudian, ditambah lagi belum ada keputusan gubernur tentang pemberhentian anggota DPRD Kabupaten Bekasi periode 2014-2019.

“Kita kemarin sudah konsultasi ke Kemendagri bagian direktur keuangan daerah. Jawabannya, hak keuangannya hanya 60 bulan, sudah dihitung total dan sudah berakhir kemarin, namun mereka masih mempunyai kewajiban sampai dewan periode mendatang mengucapkan sumpah janjinya,” ujarnya. Selasa (6/8).

Kendati demikian, ia kembali menekankan agar anggota DPRD Kabupaten Bekasi untuk tetap menjalankan aktifitas seperti biasa di DPRD dalam menjalankan tugas karena hal tersebut masih menjadi kewajibannya.

“Misalnya ada kegiatan-kegiatan resmi mereka tetap bisa mengatasnamakan DPRD Kabupaten Bekasi, besok nih ada Hut RI dan hari jadi Kabupaten Bekasi, mereka masih tetap hadir dalam kapasitasnya sebagai dewan,” ujarnya.

Untuk itu pihaknya berharap agar para legislator ini tetap dapat bekerja kendati telah berhentinya hak keuangan yang ia miliki.

“Harapan kita semua masyarakat dan pemerintah, kendati tak diberikan hak keuangannya, diakhir masa jabatan ini. Mereka menunjukkan bakti dedikasinya untuk rakyat Bekasi. Selama ini juga hak-hak mereka kita penuhi semua, karena memang sudah terbentur oleh peraturan seperti itu ya mereka harus menerima,” tandasnya.

Sementara itu, untuk DPRD periode 2019-2024 ia meminta untuk bersabar, pasalnya hingga kini pihaknya belum mengetahui pasti kapan akan dilakukan pelantikan, karena masih harus menunggu penetapan dari KPU Kabupaten Bekasi.

“Untuk dewan yang baru harap bersabar, karena memang ada teman-temannya yang masih berperkara di MK, setelah keputusan MK keluar, barulah bisa ditetapkan KPU. Setelah itu, baru kita bisa jadwalkan pelantikan,” tandasnya. [RYN]

BERIKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here