Sekda Kabupaten Bekasi, H. Uju tengah memberikan sambutan dalam kegiatan Pengesahan DPA APBD Kabupaten Bekasi TA 2020, di Ruang Rapat Bupati Bekasi, Cikarang Pusat, Jumat (10/1/2020). Foto: Humaspro.

SUARA BEKASI ONLINE, Cikarang Pusat: Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bekasi Jawa Barat (Jabar) dengan tegas menekankan kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan pemerintah setempat untuk segera merealisasikan kegiatan secara tepat waktu dan tepat sasaran.

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bekasi, Uju, usai mengesahkan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) APBD Kabupaten Bekasi Tahun Anggaran (TA) 2020, di Ruang Rapat Bupati Bekasi, Cikarang Pusat, Jumat (10/1/2020).

Uju mengatakan pengesahan DPA merupakan rangkaian dari kegiatan verifikasi DPA yang pelaksanaannya sudah dilalui bersama yakni dari 8 hingga 10 Januari 2020.

“Dengan disahkannya DPA TA 2020 hari ini, menandakan seluruh komponen perangkat daerah memiliki salah satu dokumen operasional kegiatan yang resmi,” kata Uju.

Baca juga: Pemkab Bekasi Gelar Bimtek Penyusunan RUP Tahun Anggaran 2020

Seluruh perangkat daerah selaku pengguna anggaran diharapkan segera melaksanakan kegiatannya, baik yang dikerjakan secara swakelola maupun pekerjaan yang menggunakan penyedia jasa.

“Pelaksanaan kegiatan di tahun ini dikerjakan tepat waktu, dan juga tepat sasaran sesuai penyerapan masing-masing program kerja sesuai dengan anggaran kas yang telah direncanakan. Sehingga kalau cepat dan tepat sasaran masyarakat bisa menikmati kerja Pemkab Bekasi,” tandasnya.

Lebih jauh Uju menegaskan seluruh perangkat daerah dapat melaksanakan program kerja yang berpedoman pada anggaran kas.

Ia juga mengingatkan para perangkat daerah agar melengkapi dokumen perencanaan lainnya termasuk Kerangka Acuan Kerja (KAK) dan Rencana Anggaran Belanja (RAB), dan pastikan Rencana Umum Pengadaan (RUP) barang dan jasa telah diumumkan pada portal Sirup yang dikelola LPSE.

“Saya ingin semuanya selesai tepat waktu. Karena sesuai arahan Bupati, kita ingin proses pengadaan barang dan jasa secepatnya dilakukan, dan tahun ini Bupati ingin menjadikan tahun prestasi, tahun kualitas khusus untuk infrastruktur,” imbuh Uju.

Baca juga: Sah! APBD Kabupaten Bekasi 2020 Rp6,35 Triliun, Ini Rinciannya

Pada akhir acara dilakukan secara simbolis penyerahan DPA kepada beberapa perwakikan Kepala Perangkat Daerah dan juga Camat, di antaranya Inspektorat, Bapenda, BPLH, Dinas Perindustrian, DPMPTSP, Dinas Kearsipan & Perpustakaan, Bagian Layanan Penyedian Barang/Jasa dan Kecamatan Tambun Utara.

Hadir dalam giat pengesahan DPA APBD Kabupaten Bekasi TA 2020 para Asisten Daerah, Staf Ahli, Kepala Perangkat Daerah, para Camat dan Tim Kuasa Pengguna Anggaran di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi. [RYN]

Tinggalkan Balasan