Beranda Berita Utama Diskominfo Siap Sinergikan Kinerja Seluruh SKPD

Diskominfo Siap Sinergikan Kinerja Seluruh SKPD

0
Hudaya MSi
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bekasi, H. Hudaya, M.Si. (Foto: Dok. Suara Bekasi)

SUARA BEKASI, Tambun Selatan: Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Pemerintah Kabupaten Bekasi, Hudaya, sambut baik koordinasi yang dibangun Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) dalam layanan surat akte kelahiran dan kematian yang berbasiskan online.

Menurutnya, dengan adanya koordinasi antar instansi akan mengintegrasikan TIK di seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), sehingga penanganannya hanya terpusat di Diskominfo.

“Pada dasarnya kami menyambut baik koordinasi yang dilakukan Disdukcapil dalam mengintegrasikan layanan yang berbasiskan online,” ujar Hudaya saat dikonfirmasi, Ahad (26/4/2015).

Dikatakan Hudaya, selain dapat memberikan kemudahan dalam layanan yang berbasiskan online, integrasi TIK juga nantinya akan terpusat di Diskominfo.

Sehingga layanan konten yang berbasiskan internet serta lainnya ada di masing-masing dinas, dan diharapkan tidak ada lagi SKPD yang menganggarkan pengadaan pentium sendiri. Tupoksinya ada di Diskominfo, hanya saja kontennya ada di masing-masing SKPD.

Lebih jauh Hudaya menjelaskan, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bekasi sampai akhir 2014 masih menggunakan pentium sendiri. Namun, pada April 2015 sudah mulai terintegrasi dengan Diskominfo.

Semua SKPD akan diintegrasikan melalui satu layanan yang ada di Diskominfo, sehingga kedepan akan diwujudkan melalui single data.

“Semua layanan konten yang ada di masing-masing SKPD akan diintegrasikan melalui Diskominfo‎. Sehingga ke depannya akan diwujudkan melalui single data,” tutur mantan Sekretaris Dinas Tenaga Kerja ini.

Masih menurut Hudaya, ke depan Diskominfo akan membangun data server yang dapat terkoneksi dengan seluruh SKPD‎, sehingga layanan tidak lagi sendiri-sendiri.

Bahkan, katanya, hal itu sudah dirancang dan diharapkan tidak lagi ada SKPD yang membangun jaringan internet sendiri dalam membangun akses, melainkan harus melalui Diskominfo.

Hudaya menambahkan, semua infrastruktur sudah siap bagi Diskominfo. Seperti yang dilakukan Disdukcapil dalam membangun sinergitas pelayanan yang berbasis online telah terpadu dengan jaringan yang dimiliki Diskominfo.

“Semua yang dimiliki Diskominfo tidak ada masalah. Bahkan, Diskominfo siap membangun sinergitas dalam jaringan online,” demikian Hudaya. [DIK]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini