Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum didampingi Bupati Subang saat menyerahkan piala bergilir MTQ Tingkat Jabar kepada Walikota Bandung sebagai Juara Umum MTQ Ke-36 Tahun 2020 di Kabupaten Subang. Foto: Istimewa.

SUARABEKASI.ID, Subang: Akhirnya, Kafilah Kabupaten Bekasi berhasil meraih peringkat kelima pada Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Ke-36 Tingkat Provinsi Jawa Barat yang digelar di Kabupaten Subang pada 3-10 September 2020.

Dengan raihan nilai total 27 serta mengantongi tiga medali emas dari Qori golongan Tuna Netra Putra, Qori golongan 5 Juz, dan Tilawah Putra serta Golongan Hiasan Mushaf Putri, membawa Kabupaten Bekasi menduduki peringkat kelima dan mengimbangi tuan rumah Kabupaten Subang.

Asisten Pemerintahan dan Kesra (Asda I) Kabupaten Bekasi, R. Yana Suyatna mengatakan, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Kabupaten Bekasi dan pemerintah daerah, terutama kepada Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) yang telah melakukan pembinaan walau dengan segala keterbatasan karena pandemi Covid-19.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak, baik masyarakat terutama kepada Bupati Bekasi yang memberikan support secara maksimal dan bimbingan dari LPTQ Kabupaten Bekasi,” ungkapnya.

Baca juga: Gubernur Buka MTQ Ke-36 Tingkat Jabar, 1.137 Orang Siap Bertanding

Menurut Yana, keberhasilan saat ini adalah suatu peningkatan prestasi yang luar biasa setelah pada MTQ Tingkat Provinsi Jawa Barat sebelumnya menempati posisi ke-11.

Hal tersebut meyakini dirinya bahwa pada MTQ Ke-37 Tingkat Jawa Barat mendatang Kabupaten Bekasi dapat menjadi juara umum.

“Ini prestasi luar biasa, setelah sebelumnya peringkat 11, kita langsung naik di peringkat 5, jadi saya pribadi yakin pada MTQ Jawa Barat mendatang kita bisa menjadi juara,” paparnya.

Mantan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bekasi ini menambahkan, pihak pemerintah daerah sudah menyiapkan bonus untuk para kafilah yang sudah mendapat juara, terkait besaran nominal bonus dirinya belum bisa menyampaikan jumlahnya.

“Yang jelas setelah ini kita akan berikan bonus kepada para juara, untuk besarannya belum kita tentukan,” pungkasnya.

Baca juga: 54 Kafilah Kabupaten Bekasi Siap Ukir Prestasi di MTQ Ke-36 Tingkat Jabar

Tampil sebagai Juara Umum pada MTQ tahun ini adalah Kota Bandung, peringkat kedua Kabupaten Bandung, ketiga Kota Tasikmalaya, keempat Kabupaten Subang, dan peringkat kelima Kabupaten Bekasi.

Pada MTQ Ke-36 ini, terdapat tujuh cabang yang dilombakan yaitu Tilawah (seni Baca al-Qur’an), Tahfizh (Hafalan), Tafsir (B. Arab, B. Indonesia dan B. Inggris), Syarhil Qur’an (Pidato), Fahmil Qur’an (Cerdas Cermat Seputar isi Kandungan AI-Qur’an), Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an dan Kaligrafi (Seni menulis ayat AI-Qur’an).

Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum menutup secara resmi gelaran Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Ke-36 Tingkat Provinsi Jawa Barat pada Kamis (10/9/2020) malam yang berlangsung di halaman kantor Bupati Subang. [SAM/bekasikab]

Tinggalkan Balasan