Kondisi tanggul Sungai Citarum yang jebol di Kp. Babakan Banten, Desa Sumberurip, Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat pada Ahad (21/2/21) dinihari. Foto: Istimewa.

SUARABEKASI.ID, Cikarang Pusat: Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bekasi Jawa Barat (Jabar), mengatakan perbaikan daerah aliran sungai (DAS) menjadi skala prioritas pada tahun ini. Hal itu dikatakan Kepala Bidang Pengelolaan Sumber Daya Air pada Dinas Sumber Daya Air Bina Marga dan Bina Konstruksi, Sukmawaty.

Menurutnya, program prioritas tersebut dilaksanakan untuk mengatasi sekaligus untuk pengendalian banjir tahunan yang rutin menerjang di wilayah Kabupaten Bekasi.

“Untuk penanganan banjir memang tidak bisa parsial. Karena lokasi kita ada di daerah hilir yang menampung aliran dari hulunya sebelum ke laut,” kata Sukmawaty baru-baru ini.

Dia menjelaskan, sejumlah langkah penanganan yang direncanakan tahun ini adalah perbaikan pintu air bendung dan normalisasi sungai yang mengalami pendangkalan.

Termasuk perbaikan titik-titik tanggul yang jebol serta perbaikan gorong-gorong dan saluran air yang mampet.

“Seluruh pekerjaan itu disesuaikan dengan kewenangannya, karena ada pekerjaan yang menjadi skala prioritas provinsi dan pusat juga,” katanya.

Ia menambahkan, Kabupaten Bekasi tengah menginventarisasi penyebab banjir sekaligus mendata kerusakan infrastruktur akibat banjir.

Pihaknya berharap program pengendalian banjir ini bisa segera terealisasikan agar banjir tahunan tidak terulang kembali.

“Kami inginnya secepat mungkin, begitu DPA (dokumen pelaksanaan anggaran) disahkan, segera action ke lapangan,” kata dia. [WIS/KAB]

BERIKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here