Beranda Berita Utama Dani Ramdan Dukung Proyek Stasiun Bumi Satria, Ada Apa?

Dani Ramdan Dukung Proyek Stasiun Bumi Satria, Ada Apa?

0
Pj Bupati Bekasi, Dani Ramdan mendampingi Menkominfo Johnny G Plate pada acara peletakan batu pertama pembangunan Stasiun Bumi Satria-1 di Kawasan Karyadeka Cikarang Selatan, Rabu (18/08/2021). Foto: Diskominfosantik.

SUARABEKASI.ID, Cikarang Selatan: Penjabat (Pj) Bupati Bekasi, Dani Ramdan, mengatakan Pemerintah Kabupaten Bekasi mendukung pembangunan Stasiun Bumi (Gateways) untuk Satelit Republik Indonesia (SATRIA-I) yang terletak di Kawasan Industri Karyadeka Desa Pasirsari, Kecamatan Cikarang Selatan.

Pasalnya, adanya proyek pembangunan stasiun bumi dari Kementerian Kominfo (Kemenkominfo) ini akan menambah nilai strategis bagi Kabupaten Bekasi.

“Hadirnya pusat kendali satelit di Cikarang Selatan ini, tentu saja menambah nilai strategis untuk Kabupaten Bekasi, sekaligus akan menjadi kebanggaan,” kata Dani Ramdan usai mendampingi Menkominfo Johnny G Plate pada acara peletakan batu pertama (ground breaking) pembangunan Stasiun Bumi, di Kawasan Karyadeka Cikarang Selatan, Rabu (18/08/2021).

Ia meminta semua instansi memberi dukungan terhadap proyek Satelit Satria yang ditargetkan akan diluncurkan pemerintah pada 2023 mendatang.

“Tentu saja ini menjadi tanggung jawab kita untuk menciptakan kondisi yang kondusif, terutama dari proses pembangunannya,” lanjutnya.

Baca juga: Pemkab Bekasi Luncurkan 5 Inovasi Berbasis Internet

Tak hanya itu, ia meminta masyarakat juga harus mendukung proyek vital tersebut lantaran di Kabupaten Bekasi banyak investor dan proyek strategis yang dibangun pemerintah pusat.

“Itu artinya, proyek Satelit Satria ini menjadi tanggung jawab kita semua untuk menjaganya supaya tetap terpelihara dan berfungsi secara optimal,” katanya.

Ia berharap, satelit multifungsi ini akan menjadi jembatan komunikasi dari Sabang sampai Merauke di era digital, agar Indonesia sejajar dengan bangsa lain.

“Karena tidak ada pilihan lain bagi kita, selain harus memiliki infrastruktur yang canggih berkelas dunia, supaya kita bisa loncat dari ketertinggalan menuju kemajuan bangsa yang lebih baik,” imbuhnya.

Diketahui, pemerintah pusat melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama Badan Usaha Pelaksana, tengah menyiapkan 11 stasiun bumi (gateways) untuk mendukung operasional Satelit Satria, yang salah satunya dibangun di Kabupaten Bekasi.

Satelit Satria selain menyediakan akses internet di 150 ribu titik, juga ditargetkan dapat meningkatkan potensi ekonomi digital di Indonesia. [MAN/KAB]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini