Beranda Bekasi Cegah Pelecehan Seksual, Alexandria Islamic School Gelar Seminar

Cegah Pelecehan Seksual, Alexandria Islamic School Gelar Seminar

0
Seminar
SEMINAR: Pakar pendidikan Indonesia, Arif Rahman, sedang memaparkan seputar mutu pendidikan dan kurikulum sekolah, dalam kegiatan seminar yang digelar Alexandria Islamic School pada Ahad (5/4/2015). FOTO: Rahmat HM

SUARA BEKASI, Bekasi Timur: Maraknya kasus pelecehan seksual yang terjadi belakangan ini di sekolah-sekolah bertarap internasional, seperti yang ramai terjadi pada Jakarta Internasional School atau (JIS), mendapat perhatian serius dari sekolah bertarap internasional Lainnya.

Berangkat dari pemikiran tersebut, Alexandria Islamic School berupaya melakukan pengetatan dan membangun kembali konsep dasar pendirian sekolah, seperti dengan menguatkan konsep agama yang lebih kuat. Termasuk dengan melakukan seminar dan tanya jawab dengan menggandeng dan mengundang tokoh-tokoh dan pakar pendidikan di Indonesia.

“Untuk hari ini kita mengundang seluruh orang tua murid bersama dengan para murid Alexandria Islamic School, untuk berdialog langsung dengan Arif Rahman, salah satu tokoh pendidikan di Indonesia,” tutur pendiri Alexandria Islamic School, Indris Laena, kepada wartawan usai acara seminar, Ahad (5/4/2015).

Ia mengatakan, kegiatan seminar tersebut rutin dilakukan dengan menerapkan sistem yang bernuansa keagamaan dengan salah satu tujuannya untuk menghindari pelecehan seksual di sekolah tersebut.

“Kegiatan ini rutin kita lakukan, bahkan penguatan belajar dengan sistem agama selalu diutamakan, karena untuk menghindari terjadinya pelecehan seksual. Salah satu di antaranya dengan tidak melakukan rangkap kerja antara manajemen dengan pengajar di sekolah Alexandria Islamic School,” kata Idris Laena yang juga anggota DPR RI ini.

Di tempat yang sama, pakar pendidikan Indonesia Arif Rahman, mengatakan bahwa nampak orang tua dan para murid dengan seksama mendengarkan penjelasan yang diberikan nara sumber tentang mutu pendidikan yang saat ini sedang hangat di Indonesia, salah satunya tentang pembelajaran bermakna dalam kurikulum 2013.

“Dengan seminar pendidikan yang diberikan Yayasan Alexandria Islamic School, ini sangat baik bagi orang tua wali murid, karena dapat mengetahui perbandingan antara kurikulum sekarang dengan terdahulu,” ungkapnya.

Ia berharap, dengan seminar tersebut nantinya para murid dapat mengetahui lebih banyak tata cara dalam berdiskusi dengan publik.

“Dengan seminar ini diharapkan kedepannya para murid dapat mengetahui lebih banyak tata cara dalam berdiskusi dengan publik, sehingga kedepannya bila berhadapan dengan masyarakat banyak tidak lagi canggung,” bebernya.

Sementara itu, salah satu wali murid, Budi, mengaku dengan kegiatan seminar tersebut sangat membantu para murid. Apalagi, kata dia, kegiatan-kegiatan seperti itu masih jarang diadakan di sekolah yang lain.

“Kami sangat menyambut baik seminar ini yang jarang ditemukan di sekolah bertarap internasional maupun formal karena sangat banyak sekali manfaatnya,” singkatnya. [MAN]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini