Bupati Bekasi H. Eka Supria Atmaja (kiri) sedang berbincang dengan Pemimpin Redaksi Suara Bekasi Online, di bilangan Cikarang Utara. Foto: Istimewa.

SUARA BEKASI ONLINE, Cikarang Utara: Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja, mengatakan rencana pembangunan Alun-Alun Kabupaten Bekasi sebagai salah satu ikon daerah secepatnya akan dilaksanakan.

“Alun-Alun secepatnya akan kita bangun, insya Allah tahun depan (2020) sudah pelaksanaan,” ujar Bupati Bekasi saat berbincang dengan redaksi suarabekasi.id, di bilangan Cikarang Utara, Kamis (31/10/2019) pagi.

Ia menjelaskan, saat ini Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bekasi bersama instansi terkait tengah mempersiapkan segala sesuatunya, mulai dari perencanaan hingga hal-hal yang bersifat teknis.

Sssttt! Kabupaten Bekasi Bakal Punya Tiga Ikon Terbesar se-Jabar

Menurutnya, rencana pembangunan Alun-Alun Kabupaten Bekasi harus melalui persiapan yang cukup matang, agar output dan outcome-nya jelas dan berdampak positif untuk masyarakat Kabupaten Bekasi.

Saat ini, kata Bupati, pihaknya tengah melakukan kajian atau studi kelayakan (Feasibility Study) untuk pembangunan Alun-Alun tersebut.

“Saat ini sedang dikaji, sedang diteliti, apakah Alun-Alun tersebut jika dibangun nanti benar-benar bermanfaat atau sebaliknya,” ungkap Bupati.

“Karenanya, kita perlu mengkaji dan menganalisa seluruh bidang yang berkaitan dengan rencana pembangunan Alun-Alun tersebut, seperti AMDAL, ekonomi, sosial, budaya, dan lain-lainnya,” tambahnya.

Pemkab Bekasi Berencana Bangun Alun-Alun di Kali Ulu

Disinggung titik lokasi untuk rencana pembangunan Alun-Alun tersebut, Bupati Eka Supria Atmaja mengatakan masih belum final.

“(Titik lokasi) masih belum fix, sedang dikaji juga, mudah-mudahan sebelum akhir tahun ini sudah rampung,” pungkasnya.

Diketahui, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi Jawa Barat (Jabar) berencana membangun tiga ikon yang akan menjadi ciri-khas daerah tersebut.

Pemkab Bekasi Mulai Gagas Pembangunan Alun-Alun

Ketiga ikon tersebut yakni Alun-Alun Kabupaten Bekasi, Air Mancur setinggi 50 Meter, dan Pusat Peradaban Sejarah dan Budaya di Gedung Juang Tambun.

Untuk pembangunan Alun-Alun Kabupaten Bekasi tahap pertama, diperkirakan Pemerintah Daerah akan menggelontorkan anggaran sebesar Rp37 Miliar yang bersumber dari APBD. [KAR]

Tinggalkan Balasan