Beranda Berita Utama Buka Laptop, Perkaya Soft Skills

Buka Laptop, Perkaya Soft Skills

0
Laptop
Dengan sistem kuilah online, mahasiswa bisa belajar kapan saja dan di mana saja, tidak harus di ruang kelas. (Foto: Shutterstock)

 

TERKADANG, materi pelajaran dari kampus masih belum cukup, misalnya pelajaran bahasa asing. Untuk memperkaya pengetahuan dan keterampilan, sebagian mahasiswa pun mengambil kursus bahasa di berbagai lembaga pendidikan.

Nah, sekarang kita bisa menambah pengetahuan dengan cara asyik dan mudah. Cukup buka laptop, dan belajar secara online.

Salah satu platform-nya adalah massive open online course (MOOC). Di sini para pembelajar dari berbagai latar belakang bisa memperkaya keterampilan dalam beragam bidang. Kerennya lagi, para pengajar berasal dari kampus-kampus elite dunia, bahkan pakar di perusahaan-perusahaan ternama.

Direktur dan COO IndonesiaX Dean Jay Mathew menjelaskan, pendidikan sebagai institusi memang tahan lama, tapi bisa jadi pudar dimakan waktu. “Sementara itu, ilmu dari perusahaan lebih berkembang. Dan semua orang kini bisa belajar melalui kursus online masif terbuka yang diampu oleh para praktisi di berbagai bidang,” ujar Dean.

Dalam istilah Dean, metode MOOC mendemokratisasi akses terhadap pendidikan. Dan hal tersebut adalah cara terbaik memajukan masyarakat. “Kami pastikan, semua pengetahuan dari berbagai perusahaan dan organisasi pendidikan itu dibagikan secara gratis,” imbuhnya.

Seperti metode belajar online (e-learning) pada umumnya, para pembelajar MOOC bisa menyesuaikan gaya dan waktu belajar yang paling efektif untuk mereka. Selain itu, mereka juga bebas memilih jenis kursus yang ingin diikuti.

“Cari yang paling dibutuhkan dan ingin dikuasai,” kata Dean.

Pria keturunan Eropa Afrika itu memaparkan, saat ini IndonesiaX baru menyediakan tiga kursus yaitu Introduction to Stock Exchange, Change Management serta Cyber Law: Rights and Obligations. Dalam waktu dekat mereka akan meluncurkan kursus berikutnya yakni Introduction to Broadcasting.

Peserta MOOC mempelajari materi melalui video yang diunggah para dosen pengampu. Jika lebih suka membaca, tersedia literatur dan transkripsi video tersebut.

“Video ini juga bisa diunduh untuk ditonton kemudian dan diulang-ulang sesuai kebutuhan pembelajar,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Penasihat IndonesiaX Mohamad Nuh berharap, tidak hanya mewujudkan demokratisasi pendidikan, MOOC juga meningkatkan kompetensi lulusan perguruan tinggi Indonesia melalui pembelajaran sepanjang hayat (life long learning). Hal ini ditunjang dengan spektrum pembelajaran di MOOC yang sangat luas.

“Peserta MOOC bisa belajar materi akademis yang dapat ditransfer menjadi kredit di perguruan tinggi hingga life skills yang bisa membekali siswa dengan berbagai keterampilan. Platform ini membuka kesempatan agar semua orang di Indonesia bisa merasakan bagaimana kuliah di kampus-kampus top dunia,” ujar mantan Mendikbud itu. 

Penulis: rfa

Sumber: okezone.com  

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini