Beranda Berita Utama BKD Kirim 213 CPNS Ikuti Diklat Prajabatan

BKD Kirim 213 CPNS Ikuti Diklat Prajabatan

0
Sigit
Kepala Bidang Diklat Badan Kepegawaian Daerah (BKD) ?Kabupaten Bekasi, Sigit Andrian. FOTO: Istimewa

SUARA BEKASI, Cikarang Pusat: Badan Kepegawaian Daerah (BKD) ?Kabupaten Bekasi, kumpulkan 213 CPNS K1 untuk diberikan pengarahan mengenai tata cara mengikuti pendidikan dan latihan (diklat) kepegawaian, sebagai bagian dari syarat wajib menjadi seorang PNS murni.

Kepala Bidang Diklat, Sigit Andrian, mengatakan kegiatan diklat di lingkungan kepegawaian khususnya CPNS K1, sebagaimana yang diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 101 Tahun 2000, bahwa bagi CPNS yang telah memenuhi prosedur untuk naik jabatan menjadi PNS murni wajib ikut diklat prajabatan.

“Diklat bagi CPNS terutama K1 yang baru dinyatakan lulus harus mengikuti lebih lanjut diklat prajabatan,” ujar Sigit Andrian kepada Suara Bekasi, saat di temui usai memberikan arahan di Pendopo Pemerintah Kabupaten Bekasi, Cikarang Pusat, Jumat (13/3/2015).

Sigit menjelaskan, diklat prajabatan bagi CPNS yang telah dinyatakan lulus wajib mengikuti diklat prajabatan sebagaimana yang diatur dalam PP.

Sebanyak 213 CPNS K1 yang telah dinyatakan lulus wajib mengikuti proses prajabatan yang diadakan di lembaga pemerintahan.

Menurutnya, dari total 213 CPNS K1 Kabupaten Bekasi yang dinyatakan lulus, semuanya akan diwajibkan mengikuti diklat prajabatan.

Bagaimanapun juga, kata dia, diklat prajabatan menjadi prasyarat utama untuk menjadi PNS murni. Di dalamnya ada sistem penilaian dan itu pun wajib lulus. Jika tidak lulus, maka statusnya tidak bisa diangkat menjadi PNS.

“Rencananya sebanyak 213 CPNS akan diwajibkan ikut diklat prajabatan sebagai syarat jadi PNS murni,” ujarnya.

Sigit menambahkan, untuk anggaran diklat prajabatan sepenuhnya ditanggung BKD. Dengan mengikuti diklat prajabatan status CPNS akan berubah menjadi PNS murni. Selain itu, kata dia, perilaku dan tingkah laku pun akan berubah pula.

“Diharapkan agar menjadi seorang PNS yang memahami akan tugasnya dan bisa menjadi pegawai yang berwawasan luas,” imbuhnya. [DIK]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini