Liverpool, Newcastle United
Para pemain Liverpool merayakan gol Joe Allen (foto: Reuters)

LIVERPOOL – Tiga poin penting didapat Liverpool ketika menjamu Newcastle United, dalam lanjutan Premier League matchday ke-32, Selasa (14/4/2015) dini hari WIB. Dua gol The Reds dicetak Raheem Sterling dan Joe Allen.

Kemenangan ini membawa si Merah untuk sementara meraih 57 poin mendekati Manchester City yang berada di posisi keempat (tiket play off Liga Champions). Kedua klub hanya berjarak empat poin di papan klasemen sementara.

Jalannya Pertandingan:

Babak pertama

Sebelum laga dimulai, para pemain dari kedua klub, ofisial pertandingan, serta seluruh penonton di Anfield mengheningkan cipta. Ini untuk memperingati tragedi Hillsborough.

Menjamu Newcastle, Liverpool tak bisa menurunkan beberapa pilar pentingnya. Selain Steven Gerrard yang menjalani sanksi akibat kartu merah melawan Manchester United, Mario Balotelli juga absen karena cedera.

Kendati demikian, tuan rumah langsung menemukan celah untuk membongkar pertahanan Newcastle sejak menit awal laga. Dan terbukti pada menit kesembilan, Raheem Sterling membuat The Reds unggul 1-0.

Memanfaatkan long pass dari Henderson, Sterling ‘berdansa’ di kotak terlarang Newcastle, termasuk melewati Ryan Taylor dan Gabriel Obertan, sebelum melepaskan bola yang tak mampu dihalau Tim Krul.

Newcaslte melakukan beberapa serangan menjelang pertandingan usai. Salah satunya melalui aksi Ayoze Perez yang sempat terjatuh di kotak terlarang si Merah pada menit ke-39, sayang wasit Lee Mason berpendapat bahwa itu bukan penalti.

Menit ke-44, Simon Mignolet melakukan penyelamatan gemilang, setelah mementahkan bola liar hasil perebutan antara Perez dengan Glen Johnson. Alhasil bola hanya menghasilkan sepak pojok. Setelah kejadian tersebut, skor 1-0 untuk keunggulan The Reds bertahan hingga pertandingan babak pertama usai.

Babak kedua:

Lepas turun minum, Newcastle coba membangun serangan demi mengejar keteringgalannya. Salah satu upaya datang dari Sissoko yang melepaskan tendangan dari jarak 30 meter, namun masih bisa diredam Mignolet.

Menit ke-57 peluang emas disia-siakan Sterling. Dengan keadaan yang tanpa kawalan dari Ryan Taylor dan hanya berhadapan dengan Krul, Sterling hanya bisa melepaskan tendangan menyamping. Pupuslah peluang The Kop menambah gol.

Tuan rumah akhirnya berhasil menambah keunggulan pada menit ke-70. Kali ini gol dicetak Joe Allen usai memanfaatkan kelengahan bek Newcastle. Bola liar yang jatuh ke kakinya tak disia-siakan mantan pemain Swansea untuk merobek gawang The Magpies dan membuat skor menjadi 2-0 untuk Liverpool.

Pelanggaran keras dilakukan Moussa Sissoko. Pemain internasional Prancis itu menginjak tulang kering Lucas Leiva pada menit ke-83. Dengan sadar Sissoko pun langsung keluar lapangan, karena ia tahu wasit Mason bakal memberikannya kartu kuning kedua yang berarti kartu merah.

Tampil dengan 10 pemain, pelatih Newcastle John Carver menginstruksikan para pemainnya untuk total bertahan. Praktis tuan rumah semakin leluasa melakukan tekanan.

Usai kejadian kartu merah, ternyata tak ada gol yang terjadi. Sehingga keunggulan 2-0 dapat dijaga Liverpool hingga pertandingan usai.

Susunan Pemain:

Liverpool: 22. S. Mignolet, 2. G. Johnson, 6. D. Lovren, 18. Alberto Moreno, 21. Lucas Leiva, 24. J. Allen, 14. J. Henderson, 10. Philippe Coutinho, 23. E. Can, 31. R. Sterling (Lambert 89’), 33. J. Ibe (Borini 58’)

Newcastle: 1. T. Krul, 4. R. Taylor, 6. M. Williamson, 22. D. Janmaat, 7. M. Sissoko, 8. V. Anita, 14. J. Colback, 20. R. Cabella, 30. M. Abeid (Amstrong 75’), 25. G. Obertan (Gutierrez 67’), 17. Ayoze Pérez (Goufrann 84’)

BERIKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here