Beranda Berita Utama Bangun Desa Setiajaya, Mardi Siap Dorong Pertanian

Bangun Desa Setiajaya, Mardi Siap Dorong Pertanian

0
Mardi
BEBERKAN PROGRAM: Calon Kepala Desa Setiajaya Kecamatan Cabangbungin, Mardi Suparjo Rustam, saat menjelaskan kepada sejumlah wartawan berbagai program yang akan digarap jika terpilih menjadi Kepala Desa Setiajaya periode 2015-2021. FOTO: SYAMSUL ARIFIN/SUARA BEKASI

SUARA BEKASI, Cabangbungin: Calon Kepala Desa Setiajaya Kecamatan Cabangbungin Kabupaten Bekasi periode 2015-2021, Mardi Suparjo Rustam, mengaku akan melanjutkan program-program yang belum dilaksanakan pada era pemerintahan sebelumnya. Seperti pembangunan irigasi pertanian dan jalan lingkungan (jaling) yang baru 35 persen telah dibangun oleh Pemerintah Daerah.

“Saya punya prinsip akan memajukan dan menghidupkan kembali pertanian terutama masalah air, karena di Setiajaya ini mayoritas petani. Jika pertanian ini bagus sudah otomatis perputaran roda perekonomian juga akan bagus,” ujar Mardi Suparjo Rustam kepada wartawan, di rumahnya, Kampung Teluk Garut, Cabangbungin, Minggu (26/4/2015).

Pria yang akrab disapa Mardi ini menuturkan, jika kelak diberikan kepercayaan oleh masyarakat untuk memimpin Desa Setiajaya, dirinya akan membenahi berbagai persoalan terkait pertanian yang selama ini menjadi keluhan masyarakat.

Mulai dari bagaimana mempersiapkan dan mematangkan lahan pertanian, memilih benih unggul dan pupuk, hingga perawatan menjelang masa panen.

“Memilih benih dan pupuk itu tidak bisa sembarangan, harus tepat agar dapat menghasilkan produksi pertanian yang bermutu,” kata peserta Pilkades dengan tanda gambar Apel ini.

Lebih jauh pria berkumis dengan nomor urut 1 ini menjelaskan, program selanjutnya yang akan ia garap untuk membangun Desa Setiajaya adalah memajukan program pendidikan formal dan non formal.

Menurutnya, di Desa Setiajaya saat ini pendidikan formal baru pada tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs) atau selevel dengan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Putra dari mantan Kepala Desa Jayasakti almarhum Lurah Bamah ini menuturkan, dirinya tidak ingin melihat di Desa Setiajaya ada anak yang tidak bisa bersekolah lantaran mahalnya biaya pendidikan atau pun karena alasan lain.

“Saya berharap di Desa Setiajaya semua anak-anak dapat mengenyam pendidikan setinggi-tingginya. Saya tidak ingin ada warga Desa Setiajaya yang tidak bersekolah,” ujar pria yang pernah kuliah di Universitas Krisnadwipayana jurusan Administrasi Negara ini.

Tak hanya sampai di situ, alumnus SMAN 1 Cikarang ini bertekad akan menghidupkan kembali kegiatan keagamaan agar nilai-nilai religi dapat tertanam di hati sanubari masyarakat Desa Setiajaya.

“Untuk kegiatan keagamaan kita sudah adakan kerja sama. Nantinya kita akan menggerakkan khitanan masal bagi anak-anak yatim karena di sini belum pernah ada. Begitu juga kita akan lebih hidupkan lagi majlis-majlis ta’lim,” ungkapnya.

Pria kelahiran 1967 ini menambahkan, dalam memimpin pastinya ada kekurangan dan kelebihan. Dirinya siap memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada, dan sebaliknya akan melanjutkan program yang sudah berjalan dan bermanfaat bagi masyarakat yang telah dilakukan oleh pemerintahan sebelumnya.

Ia pun berharap, jika nanti terpilih menjadi Kepala Desa Setiajaya, masyarakat jangan sungkan untuk memberikan saran, kritik dan koreksi kepada jajaran pemerintahan desa demi kemajuan pembangunan. Baginya, masukan dan saran sangat berarti bagi seorang pemimpin.

“Jika ada kekurangan pemerintahan yang lama ya akan kita perbaiki, dan masyarakat juga jangan takut untuk mengoreksi pemerintahan desa,” tutup Mardi, seraya mengaku optimis dapat memenangkan Pilkades Setiajaya yang bakal digelar serentak sembilan desa di Kabupaten Bekasi pada 10 Mei 2015 mendatang. [MAN]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini