Bang Eka, sapaan akrab Bupati Bekasi H Eka Supria Atmaja, didampingi unsur Forkopimda memantau langsung pelaksanaan Pilkades di 16 desa dari Command Center Diskominfosantik Kabupaten Bekasi, Ahad (20/12/2020). Foto: Diskominfosantik.

SUARABEKASI.ID, Cikarang Pusat: Usai sidak di beberapa tempat pemungutan suara (TPS), Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja didampingi unsur Forkopimda memantau langsung pelaksanaan Pilkades di 16 desa dari lokasi Command Center Diskominfosantik Kabupaten Bekasi, Ahad (20/12/2020) siang.

Panitia Pilkades dari 16 desa yang melaksanakan Pilkades, melaporkan langsung kepada Bupati Bekasi terkait keikutsertaan atau partisipasi masyarakat dalam Pilkades yang dilaksanakan secara serentak tersebut.

Dari laporan beberapa desa yang telah melaporkan melalui zoom meeting itu, partisipasi pemilih dalam Pilkades dari 16 desa tersebut rata-rata di atas 90 persen. Bahkan, beberapa desa melebihi atau di atas 95 Persen .

“Di TPS kami partisipasi mencapai 95 persen, dan kami saat ini tengah melaksanakan penghitungan suara sejak pukul 13.00 tadi siang,” ujar Nur Rohmat, salah satu Koordinator KKPS 34 Desa Mangunjaya, Kecamatan Tambun Selatan.

Baca juga: Bupati Bekasi dan Forkopimda Tinjau Pelaksanaan Pilkades Serentak

Camat Tambelang, Firzawati, mengatakan Pilkades di Kecamatan Tambelang tepatnya di Desa Sukarapih, dari jumlah 5.944 hak pilih, masyarakat di desa tersebut di atas 90 persen yang memberikan hak suaranya.

Sedangkan untuk rekapitulasi di TPS saat ini, kata dia sedang berlangsung.

Alhamdulillah sesuai dengan protokol kesehatan dan tidak ada kasus Covid-19 disini,” ujarnya.

Sementara itu, Camat Cibarusah, Kurnaefi melaporkan kondisi Pilkades di Desa Wibawamulya berjalan aman dan lancar.

Ia juga mengimbau kepada kontestan untuk tidak mengerahkan massa atau menimbulkan kerumunan saat penghitungan suara.

“Kalau untuk partisipasi mencapai 95 Persen. Saya juga sudah mengumpulkan para calon untuk tidak mengerahkan masa, baik yang kalah atau pun menang harus legowo menerimanya,” terangnya.

Diketahui, Pilkades serentak Kabupaten Bekasi tahun 2020 dilaksanakan di 16 desa yang tersebar di 11 kecamatan.

Ke-16 desa tersebut yakni Desa Setia Mulya dan Desa Segara Makmur Kecamatan Taruma jaya, Desa Telaga Murni, Desa Telajung dan Desa Cikedokan Kecamatan Cikarang Barat, Desa Cikarang Kota, Desa Karang Harja dan Desa Tanjung Sari Kecamatan Cikarang Utara.

Kemudian, Desa Karang Rahayu Kecamatan Karangbahagia, Desa Sukalaksana Kecamatan Sukakarya, Desa Pantai Harapanjaya Kecamatan Muaragembong, Desa Ciantra Kecamatan Cikarang Selatan, Desa Jaya Mukti Kecamatan Cikarang Pusat, Desa Wibawa Mulya Kecamaran Cibarusah, Desa Mangun Jaya Kecamatan Tambun Selatan, dan Desa Sukarapih Kecamatan Tambelang. [RYN]

BERIKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here