Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Bekasi menggelar pendidikan politik bagi masyarakat. Foto: Diskominfo santok.

SUARABEKASI.ID, Cikarang Selatan: Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Bekasi, menggelar kegiatan pendidikan politik bagi masyarakat, dengan mengundang ketua dan pengurus organisasi kepemudaan (OKP), organisasi masyarakat (Ormas), partai politik, dan organisas mahasiswa, di Hotel Grandzuri, Cikarang Selatan, Kamis (16/06/2022).

Kegiatan tersebut menghadirkan secara virtual, narasumber dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Ketua KPU Kabupaten Bekasi Jajang Wahyudin dan perwakilan akademisi UIN Bandung Prof. Muhtar Solihin.

Mewakili Pj Bupati Bekasi, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Bekasi, Juhandi menyampaikan, kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas masyarakat dalam hal politik dan demokrasi yang bermartabat yang dilandasi ideologi dan nilai Pancasila serta UUD 1945.

“Secara umum pemerintah daerah mempunyai kewenangan dalam bidang politik untuk membina masyarakat dan menciptakan situasi kondisi politik yang lebih baik,” terang Juhandi dalam sambutannya.

Berkaitan dengan politik, Juhandi mengatakan, Pemkab Bekasi melalui Bakesbangpol memberikan motivasi dan penyadaran kepada masyarakat dengan mengundang perwakilan organisasi agar mampu meningkatkan partisipasi politik di Kabupaten Bekasi.

“Para pengurus organisasi dan anggotanya diharapkan melalui kegiatan ini dalam berpolitik agar santun dan beradab,” jelasnya.

Baca juga: Gelar Dialog Antar Umat Beragama, Ini Pesan Bakesbangpol

Juhandi mengharapkan menjelang Pemilu Serentak dan Pilkada tahun 2024 mendatang, perwakilan organisasi yang menjadi peserta dapat menjadi pelopor dalam mendukung kelancaran penyelenggaraan pemilu.

“Pelaksanaan pemilu bukan hanya bersandar pada integritas dan profesionalisme penyelenggara dan peserta pemilu saja, namun harus didukung oleh seluruh elemen masyarakat demi terciptanya stabilitas politik di Kabupaten Bekasi,” tandasnya.

Senada dengan itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Bekasi, Jajang Wahyudin mengatakan, melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat khususnya peserta kegiatan dapat mengetahui bahwa pelaksanaan tahapan Pemilu serentak 2024 sudah dijalankan mulai dari 14 Juni 2022 sampai 14 Februari 2024 dengan diakhiri pelantikan presiden dan wakil presiden pada tanggal 21 April 2024.

“KPU Kabupaten Bekasi sudah menyusun program berkaitan dengan pendidikan pemilih, sosialisasi dan peningkatan partisipasi masyarakat,” kata Jajang.

KPU juga mempunyai Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Peningkatan Partisipasi Masyarakat, yang berkepentingan dalam proses pemilu, termasuk peserta ataupun pemilih, agar tahu perkembangan dan aturannya dalam Pemilu.

Jajang mengungkapkan, KPU Pusat pada pemilu 2019 silam menargetkan tingkat partisipasi politik masyarakat di angka 75 persen di tingkat daerah.

Alhamdulillah Kabupaten Bekasi melampaui target dengan angka partisipasi politik 80,1 persen,” pungkasnya. [SAM/KAB]

BERIKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here