Badrodin Haiti
Wakil Kepala Polri Komjen Badrodin Haiti (kanan) memerhatikan sejumlah barang bukti yang berhasil diamankan dari terduga teroris yag ditembak mati di Mapolda Sulteng di Palu, Sulawesi Tengah, Sabtu (4/4) malam. Kepolisian kembali menembak mati seorang terduga teroris yang diduga kelompok Santoso Cs di Jalur Kebun Kopi, Kabupaten Parigi Moutong pada Sabtu (4/4) sore sehingga menjadi dua orang. ANTARA FOTO/Basri Marzuki/Asf/mes/15.

JAKARTA – Pemaparan Komjen Pol Badrodin Haiti dalam fit and proper test calon Kapolri berjalan lancar. Saking mulusnya, perwakilan fraksi langsung menerima tanpa memberikan pertanyaan.

Persetujuan pertama disampaikan oleh Yandri Susanto dari fraksi Partai Amanat Nasional (PAN). Tanpa ragu, dia langsung meminta kepada Ketua Komisi III untuk segera mengusulkan rapat paripurna ke Pimpinan DPR.

“PAN dengan tegas dan mantap hari ini bisa menerima Komjen Badrodin, segera usulkan paripurna untuk persetujuan, sehingga bisa dilantik dan akhiri tiga bulan tanpa Kapolri, tanpa pimpinan. Ibarat pepatah, ikan sepat dalam kulkas, lebih cepat lebih bagus tapi tetap berkualitas,” ungkapnya di DPR, Kamis (16/4/2015).

Hal yang sama juga ditunjukkan oleh fraksi-fraksi yang lain seperti Partai Golkar, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Nasional Demokrat (NasDem), Partai Gerindra, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Demokrat.

“Dapat menerima usulan bapak Badrodin sebagai Kapolri. Harapan kami, saudara dapat mereformasi Kepolisan, penegakan hukum, dan berantas korupsi,” ungkap Suhfi Dasco Ahmad dari Fraksi Partai Gerindra.

Perwakilan fraksi yang cukup banyak melontarkan pertanyaan hanya PDI Perjuangan yang diwakili oleh Junimart Girsang. Namun, pertanyaannya seputar maraknya kasus kriminal.

“Kami khusus tentang patologis sosial, penyimpangan sosial yang terjadi, dan tentu tahu tentang kejahatan dengan kekerasan yang sekarang masyarakat diresahkan dengan istilah begal,” ungkapnya.

Untuk itulah, Junimart menginginkan agar kasus ini diselesaikan dengan cepat oleh Badrodin jika terpilih sebagai orang nomor satu di Kepolisian. (oke/ris)

BERIKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here