Selamat Hari Guru Nasional, 25 November. Foto: Istimewa.

SUARA BEKASI ONLINE: Selamat Hari Guru Nasional! Apakah Anda tahu kenapa Hari Guru Nasional ditetapkan pada tanggal 25 November?

Inilah asal usul Hari Guru Nasional ditetapkan pada tanggal 25 November, di mana telah dicetuskan sejak tahun 1994 sesuai dengan Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia.

Diketahui, berdasarkan Keppres Nomor 78 Tahun 1994 dan juga UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, 25 November lah yang dipilih sebagai Hari Guru Nasional dan juga memperingati ulang tahun PGRI.

Meskipun Hari Guru Nasional diperingati 25 November, namun sangat jarang sekali ada kegiatan atau acara khusus pada tanggal tersebut.

Wajar saja orang awam banyak yang tidak mengetahuinya soal hari nasional ini, yang sering diperingati yaitu Hari Pendidikan Nasional. Perkumpulan guru sebenarnya sudah ada sejak zaman Pemerintahan Belanda.

Baca juga: Seleksi Tes CPNS Kabupaten Bekasi Digelar, 2412 Peserta Berebut 356 Formasi

Pada waktu itu dalam Persatuan Guru Indonesia dengan nama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) dan dimulai didirikan pada 1912. Dalam kelompok persatuan guru telah memiliki anggota guru bantu, kepala sekolah, guru desa, dan juga perangkat sekolah lainnya.

Ternyata, para guru sudah lebih dulu membuat proklamasi kemerdekaan Indonesia secara tak langsung pada saat mereka rubah nama menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI) di tahun 1932, sebelum Indonesia merdeka. Setelah itu dua bulan kemerdekaan Indonesia telah dipegang pada tanggal 24-25 November 1945.

Baca juga: Hebat, Guru Madrasah di Babelan Ciptakan Aplikasi Anti Bolos

Nah, dari sinilah Hari Guru mulai diumumkan. Pada waktu itu para guru telah membentuk kongres guru untuk mendukung suatu kemerdekaan Indonesia yang berada di Kota Surakarta.

Kongres telah menjadi wadah perkumpulan para guru yang sudah berjuang memperhatikan pendidikan Indonesia di tengah-tengah penjajahan.

Mereka semua yang sudah bergabung di kongres merupakan guru yang masih aktif dalam mengajar, pegawai pendidikan, pensiunan pejuang dan lain sebagainya.

Diketahui juga bahwa pada tanggal 25 November 1945 merupakan persatuan guru yang sudah memberikan nama dengan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Cukup disayangkan pada waktu itu belum ada suatu keputusan resmi dari pihak pemerintah dalam menjadikan tanggal tersebut sebagai hari besar nasional.

Flashback pada tahun 1994 di mana Hari Guru Nasional telah diresmikan pada 25 November, dari situ tertera di situs resmi PGRI telah diumumkan untuk mengenang jasa para pejuang guru yang sudah mau bekerja keras untuk memperjuangkan pendidikan di Indonesia.

“Bangga dengan guru Indonesia, tidak ada guru maka tidak ada yang bisa mengajarkan anak didik kita untuk menjadi penerus bangsa”. [MAN/Indowarta]

Tinggalkan Balasan