Serah terima bendera Apdesi
SERAH TERIMA: Ketua DPC Apdesi Kabupaten Bekasi periode 2010-2015 Ambarawa, serahkan bendera APDESI kepada ketua terpilih Agus Sopian untuk periode 2015-2020, yang berlangsung dalam acara pembentukan susunan kepengurusan DPC Apdesi Kabupaten Bekasi, di Oso Grand Wisata, Desa Lambang Jaya, Kecamatan Tambun Selatan, Sabtu (31/01/2015). FOTO: HERRY ZAINUL KHUSNI/SUARA BEKASI

SUARA BEKASI, Tarumajaya: Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Asosiasi Pemerintahan Desa Indonesia (Apdesi) Kabupaten Bekasi, Agus Sopian, mengemukakan akan berangkatkan sejumlah Kepala Desa (Kades), Wartawan dan Lembaga Sosial Masyarakat (LSM) ke Tanah Suci Mekah dalam setiap tahunnya selama dirinya menjabat lima tahun ke depan.

“Saya berjanji akan mengumrohkan semua Kepala Desa ke Mekah. Saya juga akan mengumrohkan rekan-rekan media dan LSM secara bergiliran setiap tahun,” ujar Agus Sopian, saat berbincang dengan Suara Bekasi, melalui telepon selularnya, Ahad (01/02/2015).

Menurutnya, pemberangkatan umroh ke Mekah bagi Kepala Desa, Wartawan dan LSM akan diundi setiap tahunnya. Untuk Kepala Desa, kata dia, akan diambil 10 orang setiap tahunnya dengan cara dikocok.

Sedangkan untuk rekan-rekan LSM dan media baik cetak, online maupun elektronik akan diambil 5 (lima) orang setiap tahunnya dengan cara dikocok juga.

“Tidak semuanya diberangkatkan dalam setahun. Bagi Kepala Desa akan diambil 10 orang dan bagi rekan-rekan media dan LSM akan diambil lima orang dalam setiap tahunnya dengan cara diundi,” ujara pria yang juga menjabat sebagai Kepala Desa Segara Makmur ini.

Lebih jauh dikatakan, sebagai Ketua Apdesi, pihaknya akan bertanggung jawab penuh terhadap semua masalah yang menimpa para Kepala Desa di Kabupaten Bekasi dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya.

Bahkan, sambung Agus Sopian, jika ada permasalah dengan rekan-rekan media dan LSM, pihaknya bersedia menjembatani secara kekeluargaan.

Agus Sopian menilai, pada dasarnya Pers dan LSM adalah mitra kerja Kepala Desa yang tidak bisa dipisahkan. Tanpa kontrol sosial, kata dia, tidak akan ada saling mengingatkan karena manusia tidak ada yang sempurna.

“Semua membutuhkan kesejahteraan baik masyarakat, Kepala Desa dan para rekan-rekan media dan LSM. Oleh sebab itu, jika ada temuan atau kesalahan Kepala Desa dalam menjalankan tupoksinya, mari saling mengingatkan dengan cara yang humanis dan saling menghargai,” pungkasnya. [HER/MAN]

BERIKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here