Abrasi Hancurkan Rumah Warga
Salah seorang warga di Kampung Gabus Pabrik, RT. 05/04 Desa Sriamur Kecamatan, Tambun Utara, sedang meratapi nasib rumahnya yang hancur menjadi korban abrasi Kali Bekasi beberapa waktu. Warga minta bantuan Pemda untuk memperbaiki rumah mereka yang rusak. FOTO: HERRY ZAINAL KHUSNI/SUARA BEKASI

SUARA BEKASI,Tambun Utara: Abrasi Kali Bekasi telah menghancurkan sekitar empat rumah warga di Kampung Gabus Pabrik, RT. 05/04 Desa Sriamur Kecamatan, Tambun Utara, Rabu (12/11).

Ikoh (45), salah satu warga setempat korban abrasi menuturkan kejadian runtuhnya tanah di sekitar pinggiran Kali Bekasi terjadi sekitar pukul 06:30 WiIB. Saat itu dirinya sedang membersihkan halaman depan rumah, terdengar gemuruh air dan seketika itu rumah tempat tinggalnya runtuh.

“Karena tanah di sekitar tempat tinggal saya bercampur pasir, jadi ketika air kali meluap, tanah yang ada terbawa air dan terlihat menganga dan rumah yang ada di atas tanah itu banyak yang retak dan ambruk, “jelasnya.

Sementara ini belum ada penanganan dari pihak pemerintah baik desa maupun kecamatan.

“Tanah ini adalah tanah milik dan bukan garapan dan tanah yang sudah tergerus air sekitar 100 Meter dari bibir kali, “ujarnya.

Ia meminta kepada Pemerintah Daerah dan Pemerintah Provinsi agar Kali Bekasi segera dibuatkan tanggul pengaman. Hal itu menurutnya, agar masyarakat yang berada di sekitar Kali Bekasi merasa aman ketika air kali meluap, apalagi belakangan sudah masuk musim penghujan.

“Kami masyarakat minta kepada pemerintah supaya ngebuatin tanggul, soalnya tanah ini adalah tanah milik dan ada suratnya, sekarang aja tanah saya ratusan meter yang udah hilang kebawa air kali, “ungkapnya.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Namun, warga tetap menunggu bantuan pemerinatah lantaran harta benda mereka terbawa air. [HER]

Tinggalkan Balasan