Pasanggiri
Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Bekasi menggelar Pasanggiri Pencak Silat se-Kota Bekasi di GOR Bekasi, Kamis (3/11/2016). Foto: Indra Gunawan/Suara Bekasi Online.

SUARA BEKASI ONLINE, Bekasi Selatan: Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Bekasi untuk beberapa kalinya kembali menggelar Pasanggiri Pencak Silat se-Kota Bekasi di GOR Bekasi, Kamis (3/11/2016).

Sebanyak 164 peserta dari berbagai daerah se-Kota Bekasi berkompetisi memperebutkan gelar juara dalam berbagai kategori perlombaan Pencak Silat yaitu perorangan, berpasangan, dan berkelompok. Piala yang diperebutkan dalam Pasanggiri Pencak Silat ini adalah Piala Ketua IPSI Kota Bekasi.

Pasanggiri Pencak Silat ini merupakan rangkaian acara Pagelaran Akhir Tahun IPSI Kota Bekasi yang bertajuk “Melalui Festival Pencak Silat Kita Jadikan Generasi Muda Cinta Warisan Budaya”.

Acara yang dibuka untuk umum ini merupakan perwujudan dari upaya IPSI Kota Bekasi untuk mengenalkan Pencak Silat sebagai salah satu warisan budaya bangsa.

Wawan Sumantri salah satu Guru Besar dan juga Wasit Juri IPSI Jawa Barat mengatakan, dengan adanya Pasanggiri seperti ini, semangat, kreativitas, dan antusias anak-anak terhadap Pencak Silat dengan sendirinya akan semakin berkembang. Perlu adanya usaha perlahan tapi pasti untuk mengembangkan dan melestarikan Pencak Silat ini.

“Saya juga merasa cukup bangga dengan Jawa Barat karena termasuk yang aktif menyelenggarakan event Pencak Silat. Artinya kan ada regenerasi,” ucap Wawan Sumantri Perguruan Ciung Wanara.

“Pasanggiri Pencak Silat tahun ini banyak pisan pesertanya, jadi persaingannya berat, tapi saya senang ikutan Pasanggiri Pencak Silat ini,” ujar Ghifari, salah seorang peserta Pencak Silat.

Sementara Ketua IPSI Kota Bekasi, Rahmadsyah, mengatakan dengan digelarnya perlombaan ini IPSI Kota Bekasi berharap dapat menanamkan rasa cinta pada budaya daerah sejak dini kepada para siswa, serta bersemangat untuk terus melestarikan budaya daerah demi terjaganya kekayaan budaya Indonesia.

Selanjutnya hasil dari perlombaan Pasanggiri ini, kata Rahmad, para juara lomba akan dikirim dalam event yang lebih besar lagi untuk mewakili Kota Bekasi.

“Para juara nantinya akan kita kirim ke Jawa Barat untuk festival tingkat daerah pada 1 Desember 2016 mendatang untuk mewakili Kota Bekasi,” ujarnya. [GUN]

BERIKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here