Hari Osteoporosis Nasional 2014
Hari Osteoporosis Nasional 2014

SUARA BEKASI, Jakarta: Sebanyak 15.000 warga Jakarta melakukan gerak jalan untuk mencegah osteoporosis dalam puncak peringatan Hari Osteoporosis Nasional 2014 di Monas, Jakarta, Minggu (07/12).

“Perhimpunan Osteoporosis Indonesia (Perosi) bekerja sama dengan Fonterra Brands Indonesia telah melakukan berbagai kegiatan pencegahan osteoporosis sejak lebih dari 10 tahun yang lalu,” ujar Ketua Perosi, Dr Nicolaas Budhiparama SpOT-K.

Seperti dikutip dari AntaraNews, salah satu upayanya adalah dengan memperkenalkan senam pencegahan osteoporosis I dan II.

Nicolaas menjelaskan senam tersebut sebagai salah satu bentuk aktivitas fisik, yang diharapkan dapat memelihara serta meningkatkan kekuatan dan kepadatan jika dilakukan dengan baik dan benar,

“Selain itu yang terpenting untuk osteoporosis adalah konsumsi gizi seimbang, penuhi kebutuhan kalsium kalsium dan nutrisi tulang yang cukup pada semua umur, Pemenuhan kalsium itu bisa dengan konsumsi susu kalsium tinggi,” tambah dia.

Osteoporosis merupakan penyakit tulang yang ditandai dengan penurunan massa tulang, yang mana tulang menjadi tipis, rapuh dan mudah patah.

“Paparan sinar matahari pada pagi hari juga membantu mencegah osteoporosis,” kata dia.

Perkumpulan Warga Tulang Sehat Indonesia (Perwatusi), Anita Hutagulung, mengatakan Perwatusi fokus untuk menggerakkan masyarakat secara langsung berbagai program, salah satunya berupa pemberdayaan kader PKK DKI Jakarta di 41 kecamatan dan kelurahan,

“Kegiatan ini wujud implementasi dan komitmen menuju Jakarta Bebas Osteoporosis. Intinya adalah menggerakkan seluruh pihak untuk pencegahan osteoporosis,” kata Anita.

Presiden Direktur Fonterra Brands Indonesia, Paul Richard, mengatakan pihaknya melalui merk dagang Anlene secara konsisten mengedukasi masyarakat Indonesia mengenai pentingnya pencegahan osteoporosis secara dini. (Desy Saputra)

[hr style=”single”]Editor: Ade Hidayat
Sumber: AntaraNews

BERIKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here