Bupati Bekasi, H. Eka Supria Atmaja saat fose bersama dengan para bakal calon kepala desa tahun 2020 yang ikut seleksi, di Hotel Santika, Cikarang Selatan, Ahad (15/3/2020). Foto: Humaspro.

SUARABEKASI.id, Cikarang Selatan: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) menyelenggarakan kegiatan Seleksi Bakal Calon Kepala Desa (Kades) Tahun 2020, di Hotel Santika, Cikarang Selatan, Ahad (15/3/2020).

Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja yang membuka acara tersebut menyampaikan jika Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) merupakan pelaksanaan kedaulatan rakyat di desa guna memilih kepala desa yang bersifat langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil.

“Kegiatan Pilkades ini tentunya merupakan implementasi dari rangkaian tahapan Pemilihan Bakal Calon Kepala Desa tahun 2020,” ucapnya.

Eka mengatakan sebanyak 12 calon peserta yang akan mengikuti kegiatan Pilkades kali ini. Peserta seleksi tersebut diikuti oleh Desa Tanjungsari Kecamatan Cikarang Utara, dan Desa Karangrahayu Kecamatan Karang Bahagia.

“Ada dua desa di Kabupaten Bekasi dan di dua kecamatan, yang memang calonnya lebih dari 5 orang. Maka dari itu harus ada seleksi,” jelas Eka.

Bupati Bekasi ini juga yakin dan percaya, jika tujuan para bakal calon kepala desa (kades) ini adalah untuk hal positif, yakni untuk membangun desa dan juga memberikan yang terbaik untuk desanya.

“Saya yakin, para kades ini tentunya ingin memberikan yang terbaik bagi desanya. Tetapi perlu diingat, untuk menjadi kepala desa ada mekanismenya, salah satnya yaitu melalui pemilihan kepala desa ini,” katanya.

Eka juga menghimbau kepada seluruh bakal calon kades di Kabupaten Bekasi untuk ikut membantu menjaga kegiatan Seleksi Bakal Calon Kepala Desa Tahun 2020 ini agar berjalan dengan lancar dan tertib, dengan harapan dapat memberikan hasil yang maksimal.

Dalam kesempatan itu, bupati juga menyampaikan perihal langkah Pemkab Bekasi terhadap penyebaran Covid-19, dirinya meminta para bakal calon kepala desa untuk turut membantu Pemkab Bekasi dalam menjaga suasana agar tetap kondusif.

“Saya baru saja mengeluarkan edaran mengenai Covid-19 di Kabupaten Bekasi. Di situ juga saya mengimbau untuk mengurangi aktivitas di luar rumah. Jadi, saya harap agar para bakal calon kades dapat mengimbau para pendukungnya untuk menjaga suasana agar tetap kondusif,” himbaunya.

Eka meminta kepada para bakal calon kepala desa dapat menerima dengan jiwa yang besar apapun hasil keputusan yang diberikan dari Tim Seleksi nantinya.

“Saya minta Tim Seleksi dapat bekerja dengan maksimal dan menjaga netralitas, dan untuk para calon kades yang belum berhasil saya juga berharap dapat menyikapinya dengan berjiwa besar,” pungkasnya.

Acara Seleksi Bakal Calon Kepala Desa Tahun 2020 berlangsung selama 2 hari, yakni tanggal 15 Maret sampai dengan 16 Maret 2020.

Agenda pada Ahad 15 Maret 2020 diawali dengan seleksi tertulis dan wawancara, dan dilanjutkan keesokan harinya, Senin 16 Maret 2020 dengan paripurna dari Tim Independen untuk menyampaikan hasil dari kegiatan seleksi yang dilaksanakan pada hari ini. [RYN]

Tinggalkan Balasan