Ahmad Kosasih
Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Bekasi, Ahmad Kosasih. FOTO: WISNU WIRIAN/SUARA BEKASI

SUARA BEKASI, Cikarang Pusat: Jelang tahapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) secara serentak yang akan dilaksanakan pada Juni 2017, Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Bekasi menyatakan sudah sangat siap untuk menyelenggarakan Pilkada langsung serentak sebagaimana yang diamanatkan.

“Kemarin kami (Kesbangpol) baru saja melaksanakan rapat bersama dengan KPU Pusat dalam membahas persiapan Pilkada yang ‎Kepala Daerahnya habis jabatan pada 2017 mendatang,” ujar Kepala Kesbangpol Kabupaten Bekasi, Ahmad Kosasih kepada wartawan, di ruang kerjanya, Rabu (20/5/2015).

Ia menjelaskan, hasil dari pertemuan bersama di ruang rapat Sekretaris Daerah (Sekda) dengan sejumlah unsur Muspida dan KPUD, telah melahirkan suatu kesepakatan bersama bahwa Pilkada Kabupaten Bekasi yang akan dilaksanakan pada Juni 2017 harus berjalan damai dan demokratis sesuai harapan masyarakat.

Masih menurut Kosasih, peran serta Kesbangpol dalam pelaksanaan Pilkada 2017 untuk mendorong dan meningkatkan partisipasi masyarakat adalah melalui sosialisasi seluas-luasnya, agar masyarakat bisa tahu dan paham apa itu Pilkada.

Pihaknnya juga akan mendorong kepada semua dinas di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi untuk berpartisipasi mensosialisasikan pelaksanaan Pilkada 2017 kepada masyarakat Kabupaten Bekasi.

“Peran serta dari Kesbangpol adalah bagaimana mendorong dan meningkatkan partisipasi masyarakat melalui sosialisasi menyeluruh tentang Pilkada,” beber mantan Kepala DBMPSDA ini.

Terkait besaran biaya yang dibutuhkan untuk pelaksanaan Pilkada, menurut Kosasih, besarannya belum diketahui secara pasti.

Maka dari itu, tambah dia, mulai saat ini segala persiapan sudah mulai dilaksanakan, dan Kesbangpol juga meminta kepada dinas terkait seperti Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) dan Dinas Pendidikan untuk membuat program yang menyeluruh secara rinci agar jelas besaran biaya yang dibutuhkan.

Pihaknya berharap agar Pilkada Kabupaten Bekasi berjalan lancar dan sukses. Oleh karena itu, selagi masih ada waktu yang panjang pihaknya tengah mempersiapkan segala tahapan hingga pelaksanaan.

“Sekarang kami laksanakan secara perlahan, sehingga apa yang menjadi kekurangan bisa tertutupi di saat pelaksanaan Pilkda tersebut,” pungkasnya. [DIK]

BERIKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here