Abdurrofiq
Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bekasi, H. Abdur Rofiq. FOTO: DIKA/SUARA BEKASI

SUARA BEKASI, Cikarang Pusat: Untuk mendekatkan jangkauan pelayanan kepada masyarakat dalam penanggulangan kebakaran di wilayah Kabupaten Bekasi, Dinas Pemadan Kebakaran (Damkar) berencana mendirikan sejumlah Pos Pemadam Kebakaran di bebrapa titik wilayah. Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pemadam Kebakaran, Abdul Rofiq.

“Untuk berapa nantinya kebutuhan pos damkar di wilayah Kabupaten Bekasi, sampai sekarang sedang dikaji oleh tim ahli,” ujar Abdul Rofiq, saat dikonfirmasi Suara Bekasi via telepon genggamnya, Ahad (5/4/2015).

Rofiq menjelaskan, pada 2015 ini, pihaknya tengah melakukan sebuah perencanaan serta melakukan pemetaan wilayah untuk pendirian pos damkar dalam memberikan pelayanan cepat dan praktis apabila terjadi kebakaran di wilayah tertentu.

Armada damkar yang stand by di pos akan lebih dahulu bergerak ketimbang harus menunggu bantuan dari armada yang di Tambun.

Mengenai berapa pos dan armada yang akan ditempati, sambung Rofiq, saat ini pihaknya tengah melakukan pemetaan wilayah terlebih dahulu dari tim ahli.

Menurutnya, jika ada kebakaran di wilayah Cabangbungin, nantinya dari pos wilayah Sukatani yang meluncur ke sana.

Kalau yang dikerahkan dari pos Tambun ke Cabangbungin jaraknya cukup jauh, begitu juga dengan antisipasi kemacetan yang tidak bisa diprediksi. Maka dari itu, kata dia, Damkar Kabupaten Bekasi tengah mendekatkan pelayanan.

“Untuk pos dan armada, Dinas Damkar Kabupaten Bekasi di tahun 2015 tengah membuat perencanaan dan pemetaan wilayah yang harus dikaji lebih matang di dalam mendekatkan pelayanan kepada masyarakat,” ucap mantan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan ini.

Masih menurut Abdul Rofiq, pihaknya juga tengah mengusulkan pengadaan armada yang bisa masuk ke dalam pemukiman yang gangnya sempit dengan kapasitas angkut 10 liter air.

Kalau dengan menggunakan armada besar, kata dia, khawatir tidak bisa masuk melalui jalan gang yang selama ini menjadi hambatan dalam melakukan pemadaman.

Selain itu, ia menambahkan, Dinas Damkar juga memberikan pelatihan kepada  masyarakat Kabupaten Bekasi dalam rangka penangulangan kebakaran dini.

Artinya, kata dia, masyarakat dibekali pemahaman tata cara mengatasi pemadaman kebakaran saat terjadi kebakaran di wilayah dekat rumahnya tinggal, sehingga saat ada kebakaran sudah tidak panik dan tahu caranya.

“‎Damkar usulkan pengadaan armada yang bisa masuk ke dalam gang sempit, karena armada yang ada selalu terkendala saat masuk ke lokasi kejadian. Selain itu, juga memberikan pelatihan kepada  warga dalam menangani kebakaran dini,” pungkasnya. [DIK]

BERIKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here